Rabu, 31 Desember 2008

RF GATEWAY REPEATER YC5ST-R

Repeater ini awalnya dipakai untuk Local Repeater di Kota Pekanbaru (khususnya), meskipun tidak terlalu tinggi Antena-nya, namun cakupanya ternyata cukup luas hingga ke pesisir Sumatera Barat pada saat itu, padahal LOS nya kurang bagus... mengingat "Pegunungan Bukit Barisan" hampir terbentang sepanjang pulau Sumatera.

YC5ST-R



Karena kebaikan dari sang pemilik Repeater - Om Hasmijanto,YC5ST maka beliau pun pasrah (rela) Repeaternya dijadikan sebagai Gateway eQSO (YC5ST-R).
Repeater yang nampak pada foto diatas, awalnya dari type GR300 lalu diganti Inputnya dengan M120, termasuk Power Supply-nya diganti dengan YAESU sedangkan yang aslinya disimpan sebagai cadangan.

COR (R.I.C.K) yang dipakai adalah produk Motorola (asli), sehingga saya pun juga segan untuk mengopreknya/modifikasi. Permasalahannya jika kabel harus dimasukkan ke RICK (J3-2), sepertinya tidak ada celah yang cukup untuk melewatkan beberapa utas kabel, bisa saja sih di bor, tapi yang punya nanti cemberut. ( serba salah kan ? )
Sehingga alternatif yang paling mudah dengan cara memasukan Audio dan PTT langsung ke Microphone plug / RJ45 (J11).





Yang perlu diperhatikan adalah Level input audio ke Microphone (J11-5), itu sebabnya Sound Card Interface sangat diperlukan untuk menghindari terjadinya distorsi audio.

Pada beberapa kasus, audio dari PC (Line Out) yang dipancarkan ulang dengan Repeater (Motorola) melalui Pin-2 J3 terkadang terlalu kecil.

    Solusinya antara lain :

  • Memastikan nilai kapasitor coupling pada Interface yang menuju Microphone Radio yaitu antara 2,2 uF sampai dengan 10uF (semakin besar kapasitor, maka semakin besar pula audio yang dikeluarkan)

  • Mengatur level (potensio) audio pada interface.

  • Memindahkan Jumper pada JU651 (3-Pin Header) dari posisi A ke B.



JU651

Posisi JU651


Schematic GM300 JU651

Schematic GM300 (JU651)


Gambar skematik lengkap GM300 silahkan kunjungi web (OM Colin, G1IVG) disini


73, yc5nbx

8 komentar:

KUSDIANA RD mengatakan...

mohon info, untuk software repeater motorola GB300. trims

YC5NBX mengatakan...

Emailnya apa OM ? jangan yg gmail, krn pasti ditolak.. Yahoo atau lainnya...nanti sy kirimkan.

mas pri mengatakan...

om jak mohon pencerahanya, saya ada repeater gr300 untuk txnya rusak gm300, sementara saya ada radio gm338 bagaimana cara menyambungkan interface kabelnya ke cor yang masih original motorola, email priharto.adi@gmail.com trimakasih

YC5NBX mengatakan...

@ Mas Pri
Pertama yang harus Anda pastikan adalah setting dari Radio GM338 tersebut, apakah memang sudah betul konfigurasinya untuk Repeater, khususnya pada bagian PTT dan Sumber Audio TX apakah dari Head Control atau Accessory Control.
Saya kira hanya itu saja..
Tidak ada salahnya bila Anda langsung mencobanya dengan menghubungkan konektor 16 Pin dari R.I.C.K original Moto ke GM338.
Karena Accessory Connector pada GM338 berjumlah 20 Pin, sedangkan konektor dari R.I.C.K adalah 16 Pin maka pasangkan konektor persis ditengah, sehingga akan terlihat ada sisa Pin disebelah kiri dan kanan masing" 2 Pin Kolom atau total 4 Pin.

mas pri mengatakan...

ok untuk gm338 sudah di coba ke konector persis di tengah untuk radio
bisa tx tapi tidak keluar audio hanya dengungan saja sementara saat tx
lampu pada COR tidak menyala, apakah ada kesalahan di seting parameter
setiap pin?, kalau memang ada apa saja yang harus semestinya di rubah
melalui softwere mohon pencerahanya kembali

YC5NBX mengatakan...

@ MAs Pri
Pada CPS, masuk ke menu "Radio Configuration" pilih "Microphone" lalu rubah isi menu "Hot Mic Source" yang semula defaultnya adalah "Control Head Mic" dirubah menjadi "Accessory Connector Mic".

Chaiful Andi mengatakan...

Aslm alaikum... Om, boleh dong minta software gm3188 yang terbaru,,,

AFAM HELM SHOP mengatakan...

om bs bantu software Motorola ATS 2500 utk mrogram tanpa menggunakan syskey,umpamanya dengan cloning.....

Poskan Komentar