Sabtu, 13 Desember 2008

COR #1 - Carrier Operated Relay

Carrier Operated Squelch atau Carrier Operated Switch dulunya dikenal sebagai Carrier Operated Relay (COR) bahkan hingga saat ini kawan-kawan lebih sering menyebutnya COR.

Carrier Operated Relay itu sendiri berfungsi sebagai control PTT pada sebuah Repeater.
Perbedaan antara COR dengan COS yaitu pada tegangan keluaran-nya. COR umumnya berupa Contact Point – Relay (Dry Contact), karena pada jaman-nya semua Radio menggunakan Tabung dan Relay untuk keperluan Switchingnya. Meskipun saat ini masih banyak Radio menggunakan Tabung, tetapi hanya dipakai pada bagian akhir (amplifier).

Sedangan Radio jaman sekarang yang lebih dikenal dengan istilah Solid State maka COS yang dihasilkan adalah berupa perubahan nilai tegangan, dimana Signal yang diterima oleh unit receiver pada titik open squelch akan berubah statusnya dari Logic Low ke Logic High (+5V / 0V-Ground) atau sebaliknya.

Yang paling mudah Anda lihat dari perubahan tersebut adalah pada Indicator “Channel Busy” biasanya dalam bentuk LED.
Status Logic inilah yang dimanfaatkan untuk men-drive relay, transistor ataupun optoisolator…yang dipakai sebagai PTT.

Gambar dibawah ini terdiri dari COR (COS buffer - Delay - Relay Driver) dan Audio Buffer serta Diagram Block Repeater.

Simple COR Schematic

Panjang / pendeknya delay dapat diatur dengan merubah nilai C2 dan pengaturan VR2.

Memang tidak semua jenis radio menyediakan terminal COS, sehingga keterampilan dan kesabaran Anda diperlukan untuk membuka casing radio dan mencari titik COS tersebut.

Jika Anda merasa “sayang” dengan radio Anda yang mungkin masih bagus dan mahal lalu harus di oprek-oprek, maka ada solusi lain untuk menciptakan sebuah COS tanpa harus merusak segel garansi… lihat schematic pada link berikut ini

Prinsip kerja rangkaian tersebut kurang lebih sama dengan rangkaian VOX, dimana Audio dari Receiver (Speaker) akan dirubah menjadi suatu tegangan rata (dc) oleh 2 buah Diode 1N34 yang selanjutnya dirubah menjadi Logic Low atau High dengan Transistor 2N2222A.
Circuit ini sebetulnya sudah bisa dipakai untuk men-drive sebuah relay / optoisolator (PTT), atau Anda dapat menggabungkan kedua circuit tersebut untuk membuat sebuah Repeater.

Namun circuit VOX / COS seperti gambar tersebut diatas bukanlah merupakan jaminan bahwa Repeater akan bekerja dengan baik…? Hal ini disebabkan karena sifat dari VOX yang memiliki treshold tertentu. Sebagai contoh… jika Anda men-transmit-kan radio tapi Anda tidak mengeluarkan suara apapun (diam) apalagi noise di hamshack anda juga sangat kecil “hening”, maka yang terjadi VOX akan jatuh alias tidak mengeluarkan Signal.

Jadi menurut pendapat saya, sebaiknya gunakan COS bawaan dari Transceiver dengan mencari titik signal receiver-nya, lalu gunakan circuit COR diatas.

Contoh Transceiver yang sudah dilengkapi dengan COS biasanya terdapat pada produk Motorola dan sebagian produk Alinco.

Berikut adalah gambar PCB lengkap dari circuit tersebut diatas (COR dan Audio Buffer) :




Simple COR overlay Simple COR Silkscreen
Simple COR bottom My First Repeater


Artikel lengkap dengan Daftar komponen dapat di Download disini.

Selamat mencoba

de yc5nbx 73

23 komentar:

radioceluk mengatakan...

SALUT MAS JOKO, NAMBAH REFERENSI REPEATER HOMEBREW, SALAM KENAL...........YC2KEJ

YC5NBX mengatakan...

Matur Nuwun Mas... Salam Kenal kembali buat Anda dan Keluarga.. Saya intip di qrz koq gak ada ya..?

bayu ambon mengatakan...

salam bang jaka,,, saya minta tolong kalo bisa untuk skema dan daftar komponen pada gambar di atas bisa di kirim ke email saya.... kalo bisa lengkap dengan KETERANGAN untuk penyambungannya juga!!! thanks sebelumnya..

CN8BY mengatakan...

hi my friend
I liked this subject and kindly send me via e-mail pcb and list of part plz and thank you

Email:cn8by@hotmail.fr

73 cn8by

Unknown mengatakan...

salam kenal bang Jaka
tolong dong aku juga minta skema dan daftar komponennya. Thx sebelumnya

Yustiadi mengatakan...

Salam Kenal dan saya tlh mendapatkan apa yg saya cari pada Blog ini.Tapi saya tdk berhasil mendapatkan daftar komponennya,kalau bisa tolong di kirim melalui email saya.yd1bjx@yahoo.com Tnx.
Best 73 - yc1bjx

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

selamat malam dan salam knal pak jaka klo blh minta skema lngkapny cor#1 untuk saya gunakan sbgi rpu 3met/fm jg 2met/vhf d perbatasan jwatengah-jawatimur.. Trmkash sblm dan ssdhnya..

YC5NBX mengatakan...

Pakai COR Link aja OM.. lebih simple dan Fungsinya sama persis koq..
kalau ada alamat emailnya nanti saya kirimkan.

Salam
yc5nbx/7

andi mengatakan...

mas tlng dong di email saya skema sama daftar komponen ke wandi79hs@gmail.com trims

YC5NBX mengatakan...

@ Andi
Wah sorry.. dokument COR ini sudah lama gak bisa di recovery.. HDD saya jatuh dari Kantong baju.. trus rusak deh.
Pakai COR yg terakhir aja (COR LINK) sama aja koq fungsinya, bahkan lebih simple

singgih mengatakan...

Mas tolong bantu, sequelch control icom ic 2n saya tidak bisa berfungsi, cara perbaikinnya bagaimana? knopny dh diputar maksimal tp ttp aja ngosos suaranya klo ga ada signal masuk. trms bgt sblmny...

Unknown mengatakan...

kang aq tunggu2 kok blm di kirim... maaf sibuk tho...
kirim ke email aja cakrabirawa6@gmail.com
cor link juga gpp.. skalian daftar komponennya yow kang..
layout pcbnya.. juga .. maturnuwun.. kang.. salam sejahtera sekeluarga...

hasyim ashari mengatakan...

met pagi pak, sy hasyim lagi belajar buat repeater,
mohon kiranya sya di kirimi skema dan pcb cor link nya di hsym77@gmail.com
terima kasih

willy mengatakan...

Met pagi Pak,saya di Semarang minta tolong dikirimi skema dan pcb cor link nya di willy.rosyid@gmail.com. Sebelumnya trimakasih

Unknown mengatakan...

salam kenal bank jaka,saya pernah mencoba membuat rangkaian cor ini tpi ko ga bisa berjalan ya rx nya saya menggunakan alinco dr135,...klo boleh saya minata skema ama daftar komponen yg lengkap dikirim lewat email ja bang ruly.rsp@gmail.com

Anonim mengatakan...

bang dah tak coba bikin COR tersebut dan berhasil.. seperti yang di utarakan di atas ,, kalo gak bersuara / diam.. relay gak akan hidup.. la pemecahannya masalah tersebut gimana ya bang.. biar saat Transmit walaupun diam relay tetep hidup.. radio yang saya pakai 2n rx, ic2300 tx, email saya yd2bgp@yahoo.com

Anonim mengatakan...

bang... untuk rangkaian COR tersebut dah saya aplikasikan dan berhasil.. ternyata sama seperti yang di utarakan dia atas.. kalau saat transmit diem aja pasti putus, relay gak jalan,,, pemecahan masalah ini bagaimana bang.. nuwun. email. yd2bgp@yahoo.com

Unknown mengatakan...

Saya ingin bereksperimen membuat RPU sederhana, Artikelnya tidak bisa di download, kalau berkenan mohon dikirim ke email wawan108@yahoo.co.id atau wawan108@gmail.com. salam YD3WWN

TEKNISEV ELEKTRO mengatakan...

selamat malam pak bersil sya buat mode cos tapi belum pakek tun supaya tdk bisa pakek bg yg
tdk diizinkan mhon bantuan cara pakek tun,atau apakah sama dg biasa. trm ksh.

Unknown mengatakan...

maaf om saya YD1VCN mo coba bikin tp daftar komponennya ga ada,mohon maaf bisa di buata ulang om
trimakasih om

Unknown mengatakan...

Very useful circuit thanks sir

Posting Komentar