Rabu, 17 Desember 2008

Courtesy Beep Using ISD1420

Melengkapi Posting 2 hari yang lalu (COR #3) mengenai adanya penambahan Courtesy Beep Keyer.. yang terpaksa harus saya pisahkan.. karena file yang akan di edit berada di External Hard Disc.. dan kebetulan ada sedikit masalah pada saat pembacaan data. Ternyata Ext.Hard Disc saya mesti dibantu dengan Ext.Power Supply, padahal sebelumnya tidak pernah bermasalah dengan USBnya.

PCB ini saya buat menyesuaikan dengan kebutuhan COR #3 yang sudah dilengkapi dengan Beep Keyer. (U11 dan U12)... tentu berbeda layoutnya jika Anda membeli jadi (siap pakai) di Toko atau melalui online shop.

isd1420 roger beep


Biasanya saya mulai dari Schematic,... tapi biar gak monoton.. PCB duluan ya..



ISD1420 Corbeep Overlay
 
ISD1420 Corbeep Silkscreen
 


ISD1420 Corbeep Bottom







Resistor Network Array

    Note :
  • Seperti terlihat dalam gbr diatas, D1 dan D2 yang dipakai cukup salah satu saja, jadi yang terpasang hanya 2 bh Diode ( D1 dan D3) atau (D2 dan D3).

  • Jika Anda kesulitan menemukan DIP Swicth 8 gang/pole, di jumper dengan potongan kaki komponen juga tidak masalah.

  • Resistor Network juga termasuk part yang susah dicari.. solusinya begini aja.. sesuaikan dengan jumlahnya, paling kiri adalah Common.



Penjelasan :

  1. Seperti biasanya… saya anggap Anda sudah selesai merakitnya (COR#3 dan Kit ISD1420) dan telah meng-Install Software Voice Keyer Favorite Anda.

  2. Hubungkan terminal X3 COR #3 ke terminal X2 Kit ISD1420 (Ground – Ground / Colector Q4 COR#3 ke R4 ISD1420 ).

  3. Hubungkan terminal X4 ISD ke Line Out PC

  4. Hubungkan X1 ISD ke Serial Port (DB-9).

  5. DB9 MALE

    DB9 MALE
    (Pin yang dipakai hanya Pin-4 DTR dan Pin-5 Ground)

    atau

    (Pin 7 RTS dan Pin-5 Ground)


  6. Gunakan Software Voice Keyer seperti yang telah saya singgung sebelumnya.... tentunya Anda harus sudah mempersiapkan File Audio/Beep dalam format *.WAV 8-bit 8,000 Hz mono yang akan di Transfer ke ISD.

  7. Software yang saya pergunakan sebetulnya bukan untuk melakukan pengisian/transfer audio seperti ini, Software ini didesign khusus oleh BILL, KA8VIT untuk kegiatan Contest dengan Mode Phone, tapi karena saya butuh banget… biar tidak ribet.. boleh kan OM Bill ? ( Thank you for giving me the opportunity to Download your software "VIT Voice Keyer". It helps me a lot in Local Phone Contest in Indonesia and other HAM devices.).


Step-1

Buka Software VIT Voice Keyer, nampak terdapat 10 tombol dimana yang sudah terisi (default) nya ada 4. (CQ,CQ FD, QTH/NAME, RIG/ANT) sepertinya Modulasi dari OM Bill... (keren euy.. ? ) sedangkan sisanya BLANK.
Anda dapat memilih tombol mana saja yang Anda suka..., caranya arahkan cursor misalkan ke Kotak Merah (No 1) lalu Klik Kanan…muncul Menu Set Wave File, Rubah Kotak (No.2) dengan Teks Beep Tx (misalnya) atau Courtesy.. ingat maximum 10 karakter.
Kemudian klik Select Wave File (No.3) disini saya ambil contoh File "Moonbounce" (No.4), File ini ada didalam courtesy_tones.zip, lalu klik Open (No.5).


VIT Voice open File


Step-2

Tombol yang awalnya Blank, akan berubah menjadi Bepp TX (No.11).. langkah selanjutnya.. menentukan pilihan Port yang Anda gunakan… Klik Menu "Setting" (No.7) lalu pilih COM1 (No.8). Selanjutnya menentukan pilihan Polaritas Tegangan PTT Line, DTR atau RTS (No.9). Yang perlu diperhatikan adalah status LED pada ISD harus padam sebelum anda meng-klik salah satu dari 10 Tombol.
Klik Close (No.10) untuk keluar dari Menu Setting.

VIT Voice Select Port


Step-3

Mulailah untuk men-transfer analog audio/beep Anda ke ISD dengan cara Klik Tombol Beep Tx. (No.11)… perhatikan LED pada ISD akan menyala ketika proses transfer sedang berjalan.


VIT Voice Send Audio


Step-4

Proses men-transfer audio telah selesai... berikutnya coba tekan PTT dari HT ke Repeater di depan / samping Anda… ketika Anda lepas PTT, seharusnya terdengar Courtesy Beep yang baru saja Anda transfer ke ISD.


Schematic ISD1420 c/w Audio Amplifier


ISD1420 Corbeep Schematic



Illustrasi


ILLUSTRASI


    Note :
  • Potensio diatas berfungsi sebagai pengatur level Audio dari ISD.

  • Sedangkan 2 bh Resistor 10k berfungsi sebagai Audio Mixer paling murah di....


Download File




Selamat Mencoba

73, de yc5nbx


1 komentar:

Unknown mengatakan...

73 de SQ6NCZ, dziękuje bardzo za artykuł, będzie mi bardzo pomocny w rozbudowie mojej stacji. Powodzenia

Posting Komentar