Sabtu, 13 Desember 2008

COR #2 - Carrier Operated Relay

COR ini saya dibuat pada tahun 2004, dan saat itu masih menggunakan PCB (perforated board). Bisa Anda bayangkan betapa semrawutnya track/jumper yang terpasang… dan timah solder yang hampir menutupi seluruh Pad PCB.

My 2nd Repeater


COR ini saya buat untuk menggantikan COR sebelumnya,… alasanya “untuk melindungi Repeater dari sang Jammer ” sehingga Repeater cukup aman karena “dia” sudah memiliki pembatas waktu bicara / transmit dan juga waktu pemulihan setelah Pinalti.

Design COR ini sebetulnya cukup simple.. karena hanya terdiri dari beberapa pasang NOR Gate yang saya pergunakan sebagai inverter tegangan, Analog Bilateral switch lalu 2 pasang Timer sebagai Clock untuk Count Down, 1 Timer sebagai Delay PTT (Negative Recovery), dan relay driver yang kesemuanya merupakan rangkaian Analog.

Sepintas memang terkesan rumit…karena cukup banyak komponen yang dibutuhkan.. selain biayanya juga relatif lebih mahal dibandingkan jika Anda menggunakan rangkaian yang lebih modern ( µC ) .

Sehingga design COR ini cocok bagi Anda yang ingin melatih diri dalam hal Elektronika Dasar seperti saya.

Disini saya hanya akan menjelaskan sedikit Fungsi dari bagian schematic dibawah ini :

  1. IC CD4066 adalah Quad Bilateral Switch.. sepasang terdiri dari 1 pin berfungsi sebagai tegangan kontrol (trigger) dan 2 pin lainya sebagai Switch (I/O).

  2. IC CD4001 adalah Inverter Tegangan (NOR Gate) bisa diganti dgn CD4049.

  3. U7 dan U8 adalah Timer untuk membatasi waktu Transmit (TOT)

  4. U9 sebagai Delay PTT/Hang Time ( Tail Message ).

  5. U10 dan U11 Timer untuk pemulihan setelah TOT tercapai waktunya (Pinalty).

  6. Transistor hanya berfungsi sebagai Trigger dan Switch.

  7. Relay – Contact Point (Normally Open) dipakai untuk PTT. Relay ini bisa Anda ganti dengan Optoisolator yang harganya lebih murah.

  8. Dip Switch disini berfungsi sebagai pilihan setting waktu.. jika clock (U7 / U10) di set pada kisaran 1Hz =1 detik, maka sebagai contoh pin 4 (Q6) akan bertegangan (logic high) pada detik ke 32.

  9. Seluruh circuit ini menggunakan tegangan +5Vdc – 0Vdc, kecuali Relay (12Vdc)



Schematic


COR Overlay


COR SILK


COR Bottom



Ukuran Keping PCB = 8,954 cm x 15,304 cm


Sebaiknya gunakan PCB Fibre, meskipun harganya lebih mahal dikit… tapi hasil yang didapat akan lebih baik… percayalah!



Repeater pada foto diatas menggunakan COR ini, tapi hanya berjalan 3 tahun, karena disambar Petir, nampak Element Antena DIAMOND F23 yang tak berdaya lagi…. ( Makanya lain kali mesti pasang Arrester ya! )


Antena Jebol



Daftar komponen dan Pin out dapat dilihat seluruhnya dengan Download Disini.



Selamat mencoba…


Salam, 73
de yc5nbx

7 komentar:

Unknown mengatakan...

Trima kasih banyak mas,atas kebesaran hati mas untuk share ilmu.

Bayu mengatakan...

Hallo mas salam Kenal...Saya Bayu di Depok, Jabar..Mas saya pengen coba merakit COR yg ke2 ini dan nanti mau berlanjut ke COR#3..Bisa gak mas saya dikirimi Daftar komponen nya dari COR#1 sampai yg ke COR#3...atas kebaikannya saya aturkan banyak terimakasih...email saya ibuk0108@gmail.com

kurimaw mengatakan...

hi can you post the part list tnx

TULEN JAYA Computronics mengatakan...

iya...mas, minta dikirimin daftar komponennya, soalnya link http://www.scribd.com/doc/8942097/COR-Carrier-Operated-Relay-2
kayaknya sudah di deleted....
tolong di email ke sayurasin@yahoo.com
thanks....

Addy mengatakan...

Salam Sejahtera,
Saya tertarik untuk membuat COR unit ini, tapi link daftar komponen sudah di delete. tolong dikirimkan ke e.mail saya di adi13mzb@gmail.com
makasih sebelumnya

Unknown mengatakan...

Semangat Pagi Mas jaka

Mohon dibantu , dikirimkan gambar ranngkaian dan komponennya, soalnya pengen coba merakitnya...
ke gdsuwendra@gmail.com

comando mengatakan...

Hallo mas salam Kenal... ..Mas saya pengen coba merakit COR yg ke2.mohon maaf mas saya ingin minta dikirimi Daftar komponen nya,atas kebaikannya saya aturkan banyak terimakasih...email saya marscoorp@gmail.com

Posting Komentar