Minggu, 30 November 2008

RIB

Sebagian orang mungkin beranggapan Tulang Iga… gak ada salahnya sih, cuma yang akan saya posting kali ini masih mengenai Interface yang berhubungan dengan Radio.

Pengertian RIB diatas adalah Radio Interface Box.
Kegunaan dari Interface ini kurang lebihnya untuk menjembatani antara Komputer dengan Radio agar komunikasi data dapat berjalan dengan baik.

RIB yang paling popular dipasaran dan mungkin paling banyak dipakai adalah produk Motorola dengan Label RLN4008 yang bersifat Universal RIB seperti foto dibawah ini yang saya unduh dari http://cgi.ebay.com.sg

rln4008 pict

Atau yang ini :

m300

Dikalangan Amateur Radio yang saya tahu teman-temanku sudah banyak membuat sendiri RIB untuk keperluan pribadi… termasuk ane.
Harga Brand New sebetulnya tidak terlalu mahal sih… cuma karena barangnya di kotaku memang gak bisa dibeli aja, mungkin di kota-kota besar lain di Indonesia boleh dibeli/dijual… gak percaya..?? datang aja ke lokal ku.. trus cari deh Agen-nya.
Saya gak tahu alasan si-penjual… mereka hanya bilang “gak dijual… tapi klu mau mrogram kami bisa layani… untuk 1 channel Rp.75k “… ( Oooalahh ).

Jadi selama periode tertentu, perubahan setting frequency radio di tempat saya bekerja mau tidak mau harus di Outsourching.

Beruntung sekali saya menjadi Anggota Amatir Radio, yang notabene banyak sekali pakar-pakar disana yang dengan senang hati mau membantu para junior-nya. Thanks Om Setyo, YC2SSY and others.

Ok, biar gak terlalu puanjang… gambar / foto dibawah yang sebagian saya ambil dari http://batlabs.com, http://www.repeater-builder.com bisa dijadikan referensi klu Anda ingin membuat sendiri.

RIB dibawah ini terdiri dari 2 jenis Interface, yang pertama menggunakan Transistor adalah RIB RLN4008 original lengkap dengan PCB dan Silkscreen-nya.
Sedangkan yang kedua menggunakan IC (lebih simple) …itu yang saya buat dan terpakai sampai sekarang.

Jika Anda punya waktu senggang Anda dapat mengedit atau menggambar ulang PCB agar sesuai skala-nya.
Bagi yang belum punya Software PCB, saya merekomendasi pakai ExpressPCB, selain Free juga mudah sekali cara pemakaianya… namanya juga Express.

Model I - RLN4008

rib

MODEL II - SIMPLE RIB
Schematic original didesign oleh Eddy Gora,YO3HCV yang dapat di Download klik disini.

Karena design PCB tidak ditemukan dalam web tersebut, maka saya mencoba untuk membuat PCB sendiri.

RIB simpl sch
Schematic Simple RIB

PCB Simpl Overlay
PCB Overlay

kira-kira seperti inilah bentuknya :










Simple Rib yc5nbx

Simple RIB Front

Simple RIB Inside





Download File klik disini


Salam, de yc5nbx es 73

44 komentar:

Mung Soetikno mengatakan...

kalo minat beli berapa harganya?

Abu Sidik mengatakan...

Mas Jaka kok flenya ga bisa didownload sih......!

Abu Sidik mengatakan...

Bang Tolong bikinin juga buat saya ya, yang pake ICMAX232

Doniee si Dondon mengatakan...

OM jakaa,, itu RIB nya bisa buat MOTO type apa aja mm??

kalo dipakai buat GP2000,, GP3188,, bisa ndak,, kan pake jack 2,5/ 3,5 mm yakk??

mohon infonya suhuuu, ehehehe,,,

#5 and 9+,,, 60 dB,,, thankyou,, 73

YC5NBX mengatakan...

@ Doniee
Yang sudah pernah saya coba MOTO GM300, GM3188, GM338, GP308, GP2000, Motorola Mag One A8.
GP3188 belum pernah saya coba.. alasanya Radio belum punya OM.. :)
Klu GP2000 pakai Jack yg 2,5mm (Stereo)
- TIP : tdk dipakai
- RING : Data bidirectional
- Sleeve : Ground

Doniee si Dondon mengatakan...

makasih om jaka,, hehe,, it works,,,

oh iyaa,, om,, bisa ajarin bikin simple VOX ndak??

sudah nemu rangkaiannya sih, tapi bingung,, apakah itu bisa dipakai pada HT lama macam 2N ato harus HT yang baru, heheheh,,, :D :D

kalo bisa dipakai di HT lama kan lumayan :D :D

CN8BY mengatakan...

the link not working

mufti mengatakan...

pak jaka, minta tolong dikirimkan schematicnya... sekalian sama komponent2 nya.. terima kasih sebelumnya

- - - - - - - h e l m y - - - - - - - - mengatakan...

om jaka bisa dikirimkam ke email saya juga skematiknya makasih sebelumnya, kalo boleh saya mau nebus yang om jaka bikin berapa ya ? tolong dibalas ke email saya

YC5NBX mengatakan...

@ Helmy
emailnya apa OM ?

- - - - - - - h e l m y - - - - - - - - mengatakan...

mmiplbn@gmail.com
om jaka tolong kirimkan juga cps nya makasih

kiul mengatakan...

Bang jaka emang mantap .. lanjutin terun Bang;;

Unknown mengatakan...

om jaka kalo boleh saya mau nebus yang om jaka bikin berapa ya ? buat ht motorola gp3188 dan gp 88. sekalian mau tanya om kl iom ic-v80 nggak bisa dibikin buntut/ tone setelah bicara sebelum tone repeater ...kalau bisa bagaimana caranya ....? trims ya om jaka tolong dibalas ke email saya ---- jkprima@yahoo.com
THANKS BERAT YA OM JAKA...

Unknown mengatakan...

mas,terima kasih telah membuat blog ini banyak sekali membantu,saya punya motorola gm 3188,tolong kirim rangkaian ribnya beserta komponen2nya mas,saya bingung ,tolong bantuannya,kalau icom f4163 sy punya radio dan softwarenya tapi tidak ada untuk ribnya mohon penjelasan,
puja.zahra83@yahoo.co.id

Unknown mengatakan...

mas jaka tolong kirim ke email saya skematik untuk rangkaian rib beserta komponennya kalau bisa untuk multi fungsi ,untuk gm 3188,gp338,328, terima kasih banyak mas jaka,satu lagi mas saya punya ht icom f 4163 dan soft ware tapi tidak punya ribnya mohon penjelasan mas,terima kasih banyak..
puja.zahra83@yahoo.co.id

Unknown mengatakan...

Saya punya HT Motorola Gp 338 Plus. CPS nya ya. email saya ariefs75.as@gmail.com

Unknown mengatakan...

Saya punya HT Motorola Gp 338 Plus. CPS nya ya. email saya ariefs75.as@gmail.com

Unknown mengatakan...

Om jaka... saya juga butuh kabel data untuk seting HT motorola GP 338 and Weierwei VEV 3188S. tks om...abis bener yg om bilang tadi...perubahan frequensi...bikin males ngebrik jadinya tanpa ada fasilitas sendiri...

Unknown mengatakan...

om saya mau juga dong...rakitan kabel data untuk GP 338 dan Weierwei VEV 3188s. sekalian sama ongkir yah...tks om

Joydoank mengatakan...

ada yang punya software buat icom ic-2gxat ga ya.....???

YC5NBX mengatakan...

@ Joy
Sorry tidak ada OM..

semut ireng mengatakan...

saya mau order gan universal RIB nya. kirim harga ma ongkir ke mirza_yufie@yahoo.co.id

Unknown mengatakan...

Ijin om klu punya program cps untuk ats 2500 + Paswordnya , emailku rafael ibra7@gmail.com. Matur suwuun

gedel mengatakan...

om Jaka YC5NBX, saya mempunyai GP 308, mau program frequency nya, tapi belum punya alatnya, mohon apabila tidak berkeberatan dikirimi File dan skema RIB serta software bila ada, ke email saya gedelkomputer@gmail.com, terima kasih

hendra phg mengatakan...

pak jaka tolong daftar komponennya pak untuk PCB Overlay nya kurang jelasa komponen apa aja....trimakasih atas bantuannya ke aja pak hendra.broes@gmail.com

hendra phg mengatakan...

Mohon bantuanya pak jaka untuk daftar komponen PCB Overlay dan sekemanya saya masih kurang jelas...trimakasih atas bantuannya : kirim ke amail
hendra.broes@gmail.com

hendra phg mengatakan...

Mohon bantuanya pak jaka untuk daftar komponen PCB Overlay dan sekemanya saya masih kurang jelas...trimakasih atas bantuannya : kirim ke amail
hendra.broes@gmail.com

hendra phg mengatakan...

Mohon bantuanya pak jaka untuk daftar komponen PCB Overlay dan sekemanya saya masih kurang jelas...trimakasih atas bantuannya : kirim ke amail
hendra.broes@gmail.com

UDin007 mengatakan...

mas YC5NBX saya punya USB to TTL FTDI232RL, apakah bisa di jadikan buat Program GM3188. kalo bisa mohon Pin Out menuju RJ45 untuk GM3188. trims.

YC5NBX mengatakan...

@UDin007
Dicoba dulu saja.. Nanti pada Pin RX-TX tambahkan dengan Diode 1N4148
Anoda di Pin TX dan Katoda ke RX.
Pertemuan Katoda dan RX adalah +BUS (Data).
- RJ45 Pin 4 : Ground
- RJ45 Pin 7 : +BUS (DATA)
- RJ45 Pin 1 dan 3 Pasang Resistor 1k
1k
Pin-1 o----/\/\/\/\/\/\----o Pin-3

UDin007 mengatakan...

Terima kasih infonya mas. sudah berhasil R/W dengan CPS R05.16 di Windows 8.1 (64bit) namun TX di diode yg ada strip hitam.
Solusi RIB dengan USB, Trims

YC5NBX mengatakan...

@ UDin007
Siip..

orari lokal banjar mengatakan...

Om jaka skemanya stlh saya zoom jadi pecah ( makluk pc jadul).kalau berkenan tolong kirim ke email saya skema simpel RIB nya (orari.lokalbanjar@gmail.com) mksh byk

Unknown mengatakan...

YC5NBX,mbang ada gak RIP universal klo ada ada kirim gambarx sekalian brp hargax kirim ke email saya wahyu.virtus@gmail.com.

Salam Wahyu Kurniawan(YD7YWH)

Unknown mengatakan...

YC5NBX mbang ada kabel RIP universal kirim gambar dan harganya ke wahyu.virtus@gmail.com

Salam,

Wahyu.K (YD7YWH)

Unknown mengatakan...

Bisa minta skema dan daftar komponen nya ke rd.perryadhie@gmail.com

Unknown mengatakan...

kalau saya mau beli simple rib sekalian softwere berapa gan? email ke buyungmawardhi@gmail.com

Anonim mengatakan...

om saya mohon bantannya, saat saya mau nambah freqwensi pada radio motorolla GM 3188, ketika dihubungkan ke laptop melalui kabel data tampilan dilayar laptop error. Saya coba radio punya teman dengan tipe yang sama, dilayar langsung keluar atau tidak error. Apa sebabnya om radio motorolla saya, atas bantuan dan informasinya, saya ucapkan banyak terima kasih, email saya : ibnu36038@gmail.com

Anonim mengatakan...

Om, mohon bantuannya, saya punya radio motorolla GM 3188 ketika ingin manambah freqwensi radio saya hubungkan ke laptop melalui kabel data, radio sdh terhubung terus saya buka aplikasi PCS nya dilayar laptop tampil error 78, berulang ulang saya coba tetap error. kemudian saya ketempat teman yang mempunyai radio type yang sama dengan kepunyaan saya. saya coba hubungkan ke laptop langsusng terbaca tidak error. mohon bantuan pencerahannya om.

YC5NBX mengatakan...

@ibnu Naser

Ketika Anda memprogram Radio milik Anda sendiri, apakah sudah dipastikan Konektor 16 Pin yang berada di bagian belakang sudah dilepas ? Jika Accesory Connector mash terhubung ke Interface lain, silahkan dilepas terlebih dahulu, lalu ulangi dari awal.

matoh mengatakan...

om klw ada saya minta cps untuk ats 2500+paswordnya, thank.
email saya : dsantoso1978@gmail.com

ARJUN.ZA mengatakan...

ass bang jaka...kl untuk gp360...pin tx rx nya dmn ya...soalnya sy pke yg simple rib GM 300 series...yg dl sy bili sama bang jaka...untuk soket gp 360 gd,,, jd mau sya modif aja soket nya.. tlg info..{ arjunza@yahoo.co.idi}

YC5NBX mengatakan...

@Juna wak
Sama aja Om Arjunza.. seperti yang dipakai untuk GM300, GM3188, GM338..

ARJUN.ZA mengatakan...

ok bang atas bantuannya,,,sdh berhasil trimakasih bayak bang jaka slm 73...tipeRIB yg ada sama saya sama dgn tipe gambambar diatas.. tp yg punyasaya dl ab buat ada swit nya ...klsaya pesanlagi berapa bang sekerang harganya

Posting Komentar