Rabu, 02 Maret 2011

Simplest RIB For MOTOROLA Mag OnE A8

Video capture pemrograman/setting frequency, tone, power dan lainnya seperti berikut ini adalah menggunakan Radio Interface yang sama seperti pada artikel sebelumnya ketika saya berhasil mencoba untuk radio produk HYT TC-500 dan HYT TC-700.

Yang membedakan adalah konfigurasi pin-out pada Stereo plug, untuk TXD dan RXD serta GND saja (terpisah). Pada Motorola Mag One A8, stereo plug yang dipergunakan menggunakan ukuran 2,5mm atau kalau kita lihat pada penutupnya (karet penutup) disana jelas terlihat symbol Microphone.
Sedangkan jika kita mengacu pada schematic original dari buku service manualnya tertulis 3,5mm (salah) atau sengaja ya..?? lihat gambar schematic paling bawah..!



Read progres menu_jpg

Configuration menu_jpg


Schematic Simple RIB Mag One A8_jpg

Programming Cable PMDN4043_R
Schematic (asli) diambil dari Service Manual

Diagram penggunaan USB to TTL Serial untuk program Radio Mag One A8

Salam lagi... de yc5nbx / 7 es 73

128 komentar:

Mr.Tono mengatakan...

Salam Kenal Blog anda aku Link KE
RADIO SELLER
http://tono-radioseller.blogspot.com/
Makasih
YD1TDL

YC5NBX mengatakan...

Salam Kenal kembali OM Tono YD1TDL.
No Problem...
Terima kasih 73

shoni ep/ cuncun mengatakan...

slm kenal mau nanyak caranya bikin kabel progam untuk motorola gp 308 trus sofwerx beli dimana? trimakasih

YC5NBX mengatakan...

Kabel "Program" utk GP308 sama dengan GP-2000.

widi-anto mengatakan...

pak , klo CP1300 sama kabel programnya?

blekok mengatakan...

Selamat sore Om, saya mau minta tolong dikirimin simple rib untuk GP2000 kalau ada sekalian dengan file pcbnya, trimakasih banyak atas bantuannya.

bagus

yc9abd@gmail.com

YC5NBX mengatakan...

@ Widi-anto dan blekok

Klu untuk Moto CP1300 dan GP2000 Anda bisa lihat/pakai Simple RIB buat GM Series yang ada di Blog ini juga.
Tinggal merubah konektornya saja menjadi Stereo Plug ukuran 2,5mm.
Data dihubungkan dengan SLEEVE dan Ground ke RING, TIP tidak dipakai (NC).
semoga berhasil..

de yc5nbx

kiul mengatakan...

Bang Jaka aku punya kendala seting kenwood tk2207 reading data mau pas edit data mau di clone ngak mau jalan// tolong pencerahannya Bang trims banget

kiul mengatakan...

Bang Jaka kenwood tk2207 klau read data mau pas edit mau diclone/write ngaak mau mohon penserahannya / trims

YC5NBX mengatakan...

@ KIUL
Apakah konfigurasi kabel data Anda sudah sesuai..?
terutama pd bagian TXD nya..

Coba diperiksa kembali dengan rujukan schematic berikut :
http://www.cqham.ru/image3/KENe.gif

lihat bagian KEN-2

Budi mengatakan...

Salam kenal,
Mau tanya..saya ada kesulitan cara program mag one A8. Tentang edit frekuensi. Contoh frekuensi yg diinginkan 170,125. Tetapi setelah di WRITE, angka dibelakang koma berubah (menjadi 170,000).
Bagaimana caranya agar frekuensi dapat tersimpan dan tidak berubah kembali.
Mohon bantuannya.

YC5NBX mengatakan...

@ Budi
Software yg dipakai versi berapa OM ?
Lalu default utk Range Freq dr ...MHz sampai ...MHz ?

CN8BY mengatakan...

salam i wanna PCB for simple r.i.b of motorola GM series Plz 73 by

Ahmad Kadafi mengatakan...

halo mas saya newbie mau tanya saya kan udah setting ht magone 08 ya saya udah masukin data rx dan tx nya bener saya write langsung bisa kan berhasil,
saya read lagi kok data hasil yg saya tulis beda ya itu kenapa ya ?
I am so really grateful if you want replay my mesaage..
Ahmad kadafi

Ahmad Kadafi mengatakan...

oh ya mas problem saya sama dengan saudara budi lebih tepatnya. default range frequensinya dari 150 Mhz - 174 Mhz
pas saya ketik di Rx misal 166,02500 dan tx nya 167,02500 bisa terus saya write.

nah pas saya read lagi tiba-tiba rxnya berubah jadi 167,00000 nah mohon bantuannya :)

YC5NBX mengatakan...

@cn8by
you have mail ?

YC5NBX mengatakan...

@ Ahmad Kadafi
Bisa lebih detail gak Mas Ahmad..
- Frequency Range (MHz) radio berapa ?
(dari berapa sampai berapa MHz, misalnya 150MHz
174Mhz
- Freq. yang Anda masukan ke RX atau TX berapa.
Usahakan tidak melampui batas bawah atau batas
atas.

salam 73

YC5NBX mengatakan...

@ Ahmad Kadafi
Waah knp ya.. :)
seharusnya masih dalam range.
Coba dilihat kembali.. channel step (khz) di spesifikasinya.

Penasaran dicoba pd Radio saya yg kebetulan memiliki range yg sama 150MHz ~ 174MHz, hasilnya gak masalah...

Tunggu kawan" lain siapa tahu ada yang punya solusi, dan mau sharing disini.

IrwanTrans mengatakan...

maaf sebelumnya
saya ada pengalaman seperti itu,yang sya lakukan tidak menulis langsung,karena akan terbaca wrong character atau secara auto menbulatkan frekuensi ,saya mengakalinya dengan mengcopy dan mempastenya pada kolom dan mengedit frekuensinya tanpa mengganggu titik (yang terbaca koma pada beberapa OS) pada frekuensi,jd gunakan kusror panah untuk mengedit dan jangan tekan enter setelah mengedit tapi klik kolom berikutnya,selesi write ok

sekali lagi maaf kalo salah sekedar share semoga bermanfaat
@Om Jaka makasih untuk Ruangnya

Salam,73

YC5NBX mengatakan...

@ Irwan..
Thanks infonya OM..

Unknown mengatakan...

Sore Pak , mohon dapat dikirim schematic dan PCB nya untuk simple rib MAGONE A8, dan kalau schematic langsung yang pakai usb ada nggak.
Tks
arie.donald@yahoo.com

YC5NBX mengatakan...

@ Arie Donald
Kalau mau pakai USB, yg perlu anda lakukan adalah menambahkan Adapter USB to Serial.
Saya recommend buatan ATEN.

Unknown mengatakan...

Terima kasih informasinya, tapi permintaan dapat dikirim schematic dan PCB nya untuk simple rib MAGONE A8 belum terkirim atau sudah tidak ada.
Terima kasih.
arie.donald@yahoo.com

Unknown mengatakan...

lan kenal dari ngurah di bali, tlg kirimin saya skema sekema rib sederhana yang abang punya, jga software untuk vev v8 plus, ke ngurah.beratha@gmail.com, thanks b4

Unknown mengatakan...

salam bang jaka, skemanya dah saya trima, tima kasih banyak, skedar info dari saya, sebelumnya dah saya coba merakit untuk keperluan gp2000, stlah saya coba hubungkan ke pc, gak da respon sama sekali "communication failed", saya gk ngerti, tambahan info transistor yg ada di skema susah saya dapatkan, saya pake bc547 dan bc 557, apa ada pengaruh ya bang, tlg pencerahannya, klu boleh bang, tlg jg kirimin saya pcb yg jadi ato yang berupa kit,lengkap sma komponennya, nanti akan saya ganti biayanya, thanks b4

Unknown mengatakan...

salam bang jaka, skemanya dah saya trima, tima kasih banyak, skedar info dari saya, sebelumnya dah saya coba merakit untuk keperluan gp2000, stlah saya coba hubungkan ke pc, gak da respon sama sekali "communication failed", saya gk ngerti, tambahan info transistor yg ada di skema susah saya dapatkan, saya pake bc547 dan bc 557, apa ada pengaruh ya bang, tlg pencerahannya, klu boleh bang, tlg jg kirimin saya pcb yg jadi ato yang berupa kit,lengkap sma komponennya, nanti akan saya ganti biayanya, thanks b4

YC5NBX mengatakan...

@ Bli Ngurah :
Transistor yg Anda pakai tidak ada masalah.
Coba pastikan dulu, apakah alamat/default Serial Port (Com-Port)sudah benar (COM1...COM4-dst)
Lalu Pin-out Kabel Data menggunakan Jack Stereo ukuran 2,5mm (kecil) atau jika kita lihat langsung di Radio GP2000 posisinya berada di bawah.
- Data = Ring = Tengah
- GND = Sleeve = Pangkal

Sedangkan yang paling ujung (TIP) tidak dipakai (NC)
Jika masih ragu, silahkan lihat kabel data untuk ICOM pada link ini http://yc5nbx.blogspot.com/2011/06/icom-ic-2200h-programming-cable.html
Skematik sama persis, hanya Jack Stereo-nya saja yg ukurannya beda.

Coba dulu dengan Komputer Desktop (Real Com-Port)

yc5nbx/7

Unknown mengatakan...

sore bang, baru buka blog ini, saya trima pringatan bahwa di blog ini terdapat sejenis malware berbahaya untuk komp, karena saya ada perlu sya coba lanjutkan, jg link yg abang kasi kesaya "http://yc5nbx.blogspot.com/2011/06/icom-ic-2200h-programming-cable.htm" katanya sdh terhapus, ada satu hal yg mau saya tanyakan, gimana cara masang echo untuk motorola gp2000, terutama bagian pttnya, apanya yg harus di swicth supaya mau ke posisi transmit, skian thanks b4

YC5NBX mengatakan...

Wah.. saya baru tahu...neh !@#@#$
Kaget jg dengernya.. Tapi setelah saya cek di Google Webmaster Tools, sepertinya aman" aja...
Saya bisa kirimkan hasil scanning dari google selama 90 hari terakhir.
Lalu mengenai Link Postingan yg sy copy-kan diatas ternyata memang benar, saya sendiri tidak dapat membukanya... belum tahu penyebabnya. Tapi kemungkinan besar karena di bagian komentar ada link download software-nya.. CMIIW.

YC5NBX mengatakan...

@ Ngurah..
PTT HT dengan RIG memang berbeda..
Jika di RIG PTT langsung di Short Circuit kan dengan GND
Tapi di HT tidak demikian, PTT di HT sekaligus sebagai Audio TX.. sehingga perlu adanya Resistor untuk mengaktifkan PTT sekaligus meng-Inject Audio.

0-----WWWWW------////
PTT---Resistor---GND
^
|
|

0 = Terminal/Pin PTT Radio HT
W = Resistor (coba dulu dgn nilai 10k)
GND = Ground
^
| = Kabel Out Audio Echo

Pada pertemuan PTT dan Resistor disitulah Audio Echo Chamber di hubungkan.

Unknown mengatakan...

hehehe....thanks ya bang atas sarannya, maaf saya banyak nanya, soalnya saya slalu penasaran dan pengin tau dan pengin mencoba. untuk rim motorolanya saya dah berhasil, apa ada program motorola yg lain gak ntuk bisa meng-oprek motorola lebih jauh, misalnya untuk mengganti tone pttidnya, karang mau tanya rib untuk vev v8 plusnya pake skema yang mana ya?

Unknown mengatakan...

met pagi bang jek, klu rib untuk ic02n pake yang mana ? tlg kirimin jg software untuk icom ic02n ke ngurah.beratha@gmail.com

MamaDarwis mengatakan...

kebtulan saya juga masih belum berhasil koneksi PC-radio GP2000 dan GM300 nih
sementara saya pake USB-Serial merk ATEN
untuk RIB saya pake transistor BC547 dan BC557
apakah harus pake port serial (com) sebenarnya ya?

Mohon Bli Ngurah Beratha berkenan share pengalaman suksesnya

email saya di sastro466@gmail.com
thank

YC5NBX mengatakan...

@ Ngurah
Setahu saya IC-02N tidak pakai Software.
langsung dari keypad depan.

utk Mas Sastro GM300 sebaiknya pakai Real COMPORT.
dan GP2000 bisa pakai USB, pinout kabel datanya, gunakan jack stereo 2,5mm
- TIP (ujung) tidak dipakai
- Ring (tengah) Data RX+TX
- Sleeve (pangkal) GND
Kalau Anda punya kabel data Nokia CA-42 bisa dipakai. ambil GND RX dan TX.
RX dan TX hubungkan dengan diode 1N4148 Anoda->TX Cathoda->RX.

sastro sanjaya mengatakan...

terimakasih Bapak NBX

saya kmaren juga terfikir akan menggunakan CA-42 karena punya bekas CA-42 murahan dipakai untuk debricking Access Point indoor
tapi pinout Tx, Rx dan Gnd nya yg mana ya??

YC5NBX mengatakan...

@ Sastro
Silahkan lihat di page Facebook saya :
https://www.facebook.com/media/set/?set=a.10151448658703804.543733.284184473803&type=1

yc1joz mengatakan...

tolong kirimi saya software mag one ke:joz_yc1@yahoo.com salam kenal tentunya trims

yc1joz mengatakan...

tolong kirimi saya software mag one A8 ke : joz_yc1@yahoo.com.
trims bang....salam kenal

tes mengatakan...

@ Bang Jek : Bang ,. saya punya motorola CP 1660 trus kendala saya mau ngisi frequency tombol channel 1 - 15 caranya bagaimana ?
Kabel datanya seperti apa sih ? dan harganya berapa ?

Tq Bfr

Br,
Dhani

YC5NBX mengatakan...

@ Dhani
Pengaturan Freq. dapat dilakukan lgs pada menu keypad, (baca manual)
Kalau dengan Software, akan lbh mudah.
Alat yg dipakai hanya Interface (RIB) + Software.
Ada email ?

Unknown mengatakan...

slm kenal bang,sy pny radio motorola gp338 plus & gm3188. pny gak bang software & interfacenx .kbl data pake jenis apa? skalian COR ut gm3188 Uhf ,trima ksh [hadi YD9VTS] mazpitt01@gmail.com

Electricity For A Better Live mengatakan...

siang Mas mau tanya Support ngak RIB Motorola untuk Motorola GP 308 dipakai memprogram Mag one A8 mohon informasi mas.. tks

YC5NBX mengatakan...

@ Electricity
Beda OM... kalau GP308 pakai M-BUS
sedangkan Mag One A8 pakai F-BUS

Salam

Nurtang Gassing mengatakan...

Kanda, Kalau HYT, TM-600V apa bisa pakai motorola punya ???

Nurtang Gassing mengatakan...

Kanada kalau HYT jenis TM-600V apa bisa pakai interface Motorola untuk programnya???

YC5NBX mengatakan...

@ Nurtang Gassing
Beda OM.. silahkan dibandingkan antara Motorola dan HYT (lihat HYT-2) http://kom-inform.euro.ru/programm.html

Salam

Unknown mengatakan...

Mas Jack Lesmana tolong tanya saya ingin memogram
HT SMP 468 Motorola dengan Maxton RPC-M5X tetapi tidak bisa dan harus pakai Kabelnya Magone,
Kebetulan saya browsing di internet mendapatkan
schema Simple RIB For MagOneA8 Motorola by YC5NBX
dan saya membuatnya. Kemudian saya coba lewat Com 7 dengan bantuan kabel ATEN Port to USB tetapi
tidak bisa. Keterangannya : COMMUNICATION ERROR
saya mohon petunjuk dari mas Jack bgm solusinya.
Terima kasih. de..YB2GF

Unknown mengatakan...

Mas Jack sy akan memrogram HT SMP 468 dengan kabel
interface MAXTON Model RPC-M5X tapi ternyata tdk bisa (communication error),dan harus pakai Kabel MAG ONE motorola. Kebetulan sy browsing di internet dan menemukan artikel Simple RIB For Mag One A8 Motorola by YC5NBX. Kemudian sy membuatnya dan setelah sy coba dng bantuan kabel ATEN USB to Serial Port tetap tdk bisa(communication error)
Mohon solusinya. TNX de YB2GF

YC5NBX mengatakan...

@ OM Siswanto YB2GF
Iya OM, Kalau kabel RPC-M5x (5in1) memang tidak kompatibel dengan Mag One, sebab Model RPC-M5X menggunakan metode M-BUS (1 wire) sedangan untuk Mag One menggunakan 2 kabel (TxD dan RxD) terpisah.
Yang perlu dipastikan adalah Pinout TxD dan RxD dari Motorola SMP468. Saya kebetulan tidak (belum) punya data itu.

Salam

Unknown mengatakan...

Trima kasih mas Jack untuk infonya
Waktu itu saya tanya Toko penjual HT tersebut
dia setting pakai kabel Magone maka dari itu
saya coba dengan rangkaian Magone A8 dari
mas Jack tapi belum bisa.Tolong kalau mas Jack
sudah punya data tersebut saya mohon infonya.
TNX de YB2GF

yc1joz mengatakan...

om bisa kirimi aku software motorola mag one A12...ke jozleyos@gmail.com

Unknown mengatakan...

bang jaka mohon petunjuk untuk set alinco dj 195.. menggunakan simple rib.. rx tx nya ambil dmn bang yg d ht...alinco dj 196

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Wong Umum mengatakan...

Maaf Bos YC5NBX, mohon bantuan, saya membutuhkan software dan perlengkapan lainnya untuk memprogram SMP 468. Matur Nuwun. wongwono@gmail.com

fender mengatakan...

Mohon diemail ke fender2fend@gmail.com software utk HT Motorola type SMP 468 vhf.
Thanks.

sastro sanjaya mengatakan...

Om, mohon pencerahan untuk Out Of Band Freq Programming menggunakan software type berapa ya?
atau mungkin ada cara merubah dg Hex Editor supaya bisa Out Of Band?
mohon dibantu
email saya sastro466@gmail.com
terimakasih

Anonim mengatakan...

Mohon bantuannya om, untuk mengirimkan software motorola Mag One A8 ke email f4nc3s@gmail.com.
Terima kasih

YC5NBX mengatakan...

@ f4nc3s
Link Download :
http://www.mks.cl/Descargas/ServicioTec/OTROS/MagOne%20R02.02.zip

Dhans mengatakan...

link error boss

YC5NBX mengatakan...

@ Dhans
coba di copy-paste URL nya. barusan saya cek masih aktif.
klau tetep gk bs.. msk ke web.nya http://www.mks.cl lalu masuk ke menu "Servicio Tecnico" pilih Download Software.

RMC-Net mengatakan...

mas firmware mag one A8 untuk frekwensi range 136 -162 ada link downloadnya ya mohon bantuannya

Unknown mengatakan...

ass.. bang jaka mohon dibantu .... saya punya masaalah pada rib.. yg dulu pernah abang kirim ka saya..memakai transistor.. AN. 2907A dan 2N.3904. saat sayacoba RED... gp 3188.. tampil kata2.. kodeplug is corrupted...apa itu yang salah bang ..

Unknown mengatakan...

Pk mohon password mag one a8 ke email saya rasulkamalhaerudin@yahoo.co.id

Unknown mengatakan...

Pk mohan password mag one a8 ke email saya rasulkamalhaerudin@yahoo.com terima kasih sebelumnya .

Unknown mengatakan...

Gan.. mohon bantuan dikirimi passwod winzar mag one A8 ke email dodhing@gmail.com
Terima kasih

Unknown mengatakan...

maaf, bisa tolong infokan password ketika tertulis "code plug is protected" ? tolong emailkan ke putriiaryaa@gmail.com. terima kasih.

Unknown mengatakan...

buntu om download software motorola cp 1300 gak ada kalau punya tolong yach om sama kabel ribnya yang bikinan sendiri terima kasih

Unknown mengatakan...

Pak jaka, gambarnya simple RIB for GM series kurang jelas. mohon dikirim gambar dan detail daftar komponennya. trimakasih sebelumnya ini emel saya:
yetnosadja@gmail.com

Unknown mengatakan...

Pak jaka, gambarnya simple RIB for GM series kurang jelas. mohon dikirim gambar dan detail daftar komponennya. trimakasih sebelumnya ini emel saya:
yetnosadja@gmail.com

and@y mengatakan...

Tanya lg mas jaka....aku punya ht gp 2000. Gp 338 dan gp 300.... utk coneksi pake usb apa bisa mas..? Minta petunjuknya...klo ada tambahan dari mas utk rib sambungan jack ke ht ....dan minta softwarenya pergunakan winds xp mas.....tks info nya mas...

and@y mengatakan...

Tambahan....mohon minta skema rib pake usb klo ada.....ke email : aan.cafung@gmail.com

Tks.....

arek_ndeso mengatakan...

Mohon maaf pak, kalau saya minta tolong buat settingkan ht mag one saya bisa gak pak?
Kalo boleh tahu lokasinya dimana pak
Ini nomer hp saya 083839707646

Unknown mengatakan...

pak minta passwordy tuk mag one a8..kirim k email: imammuhadi113@yahoo.co.id

Unknown mengatakan...

pak bsa kirim passwaordy k email: imammuhadi113@yahoo.co.id

YC5NBX mengatakan...

@Jimble Kav
Password yang mana ya ?
Apakah password softwarenya atau Radio Anda (Codeplug) yang terpassword ?

YC5NBX mengatakan...

@arek_ndeso
Lokasi di Kalimantan Timur boss... (kejauhan)

Unknown mengatakan...

pasword softwarenya bos...trims.

YC5NBX mengatakan...

@Jimbe Kav
Software Mag One A8 sudah dikirim ke email.

Unknown mengatakan...

maaf om,bisa kirim ulang k td kehapus...trims.

Iman mengatakan...

Mohon info, saya pakai kabel 6 in 1, driver sudah terinstal sempurna di win7, waktu klik read di magone selalu "comm error", semua sudah sy ikuti. Apa karena pengaruh kabel?

YC5NBX mengatakan...

@Iman
Sudah pasti kabel.nya yg gak support.
Mag One A8 menggunakan 3 kabel data. (TX, RX dan GND)

Unknown mengatakan...

Bos mohon pencerahan untuk Out Of Band Freq Programming Mag One A8 menggunakan software apa..??? mohon bantuannya bos...
fxdaladi@gmail.com

Unknown mengatakan...

Bos.... mohon bantuanya untuk solusi Out Of Band Freq Programming Mag One A8. Nuwun
fxdaladi@gmail.com

Unknown mengatakan...

Email yahoo : fxdaladi@yahoo.co.id
makasih sebelumnya bos.......

Unknown mengatakan...

Maaf bos....email yahoo yg masih valid
momoc_dld@yahoo.co.id
makasih sebelumnya

and@y mengatakan...

pagi kang jaka....klo punya software ht gp2000. tolong kirim ke email saya kang : aan.cafung@gmail.com .tks bang

Unknown mengatakan...

salam bang admin,..kirim software untuk programing GP2000
tterima kasih sebelumnya>>tahvorethu1969@gmail.com

and@y mengatakan...

Salam kang jaka...nie ada lg motorola magone a12.....tolong dikirim klo punya softwarenya kang....trus utk rib jacknya sama sperti gp2000 kang..? Tks kang jaka infonya.

and@y mengatakan...

salam kang...kirim software mag one A12nya...ke email :aan.cafung@gmail.com .tks kang jaka.

YC5NBX mengatakan...

@and@y

Apakah Radio.nya jenisnya persis seperti ini ?

http://www*motorolasolutions*com/en_us/products/two-way-radios/on-site-business-radios/rdx-series/rdu4160d.html#tabproductinfo

Kalau betul coba pakai Software ini :

http://www*motorolasolutions*com/en_us/products/two-way-radios/on-site-business-radios/rdx-series.html

Ini Link Download.nya langsung :

http://www*motorolasolutions*com/content/dam/msi/docs/products/two-way-radios/on-site-business-radios/software/Business_Radio_CPS_R05.00.exe

Mag One A12 nama/model Internationalnya adalah RDX series (RDU4160D)

and@y mengatakan...

salam kang...kemarena sy kirim gambarnya ke email...tlong di cek...dan juga minta kirim software magone A8nya kang....matur nuhun kang.

dharma mengatakan...

Salam kenal mas...
saya mau tanya dikit nih.. kira2 untuk default frequnecy bisa di rubah gk ya? sebab frequncy di tempat kami bermain dibatas 136....Mhz

dharma mengatakan...

Salam kenal mas..
Mas untuk ht saya Magone A8 dengan deafult range freq 150 - 174 mhz.. apakah frequency tsb bisa di rubah menjadi 136 - 174 mhz ?
terima kasih sebelumnya

YC5NBX mengatakan...

@dharma
Range Radio yang Om Dharma pakai dari berapa MHz sampai berapa MHz ?
Kalau keluar dari batas Range bisa tapi disarankan tidak terlalu jauh, khususnya utk TX.
Klu sekedar untuk monitoring mgk masih aman.

dharma mengatakan...

untuk range default sekarang 150 - 174 mhz sementara di area projeckt bermain di 138 mhz untuk ht model motorola magone A8

YC5NBX mengatakan...

@dharma
Coba pakai software ini :
http://www.4shared.com/rar/xH5WKL0Nba/R02_01_Pass_Region_Freq.html
Frequency bisa diset diluar Range.
Seperti yang saya sampaikan sebelumnya, jika suatu saat terjadi error maka "Use At Your On Risk".

mamang mengatakan...

kok gak bisa ya link "http://www.4shared.com/rar/xH5WKL0Nba/R02_01_Pass_Region_Freq.html

YC5NBX mengatakan...

@Margiyanto mamang

Bisa koq OM... barusan sy coba.

ABIMANYU mengatakan...

master minta schematic plus software Simplest RIB For MOTOROLA Mag OnE A8 yg pake usb, jadi bisa untuk laptop master, makasih master, larassutono@gmail.com

YC5NBX mengatakan...

@Sutono Laras
Untuk lebih mudahnya Anda dapat menggunakan USB to TTL Serial, selain harganya juga sangat terjangkau alat ini mudah diperoleh di pasaran.
USB to TTL Serial bisa menggunakan Chip FT232 atau CH340.
cara Penggunaan USB to TTL untuk pemrograman Radio Mag One A8 dapat dilihat pada link berikut :

http://www.4shared.com/office/EiI_4gGWba/USB_Cable_Programming_.html

YC5NBX mengatakan...

@popxxxx
Maksudnya biaya apa Gan ? Alat buat program ?
Klu Agan di Balikpapan mampir aja ketempat saya..nanti sy bantu programkan..tanpa biaya apapun / gratis..tis..tiss.. :)

YC5NBX mengatakan...

@popxxxx
Maksudnya biaya apa Gan ? Alat buat program ?
Klu Agan di Balikpapan mampir aja ketempat saya..nanti sy bantu programkan..tanpa biaya apapun / gratis..tis..tiss.. :)

ABIMANYU mengatakan...

salam master, saya udah mencoba sesuai petunjuk master pake USB to TTL Serial ch340, tapi kenapa saat jack plug stereo 2,5mm saya masukkan sesuai tutor yg ada di youtube tekan dan tahan tombol 1 sambil nyalakan ht, kok gak keluar nyala orange/tidak ada reaksi/lampu led ht mati,

sampe penasaran curiga short solderan jackplug, saya lepas solderan kabel gnd rx tx yg ada di usb to ttl baru saya tes tanpa load ke usb to ttl dengan posisi jack plug stereo 2,5mm saya masukkan sesuai tutor yg ada di youtube tekan dan tahan tombol 1 sambil nyalakan ht,, baru keluar nyala lampu orange please master pencerahannya penasaran.

hanya catatan analisa : usb to ttl ch340 udah kedetek device manager port 7 bagus, software program magone udah posisi port 7 juga available

thanks master

ABIMANYU mengatakan...

salam master, saking penasaran saya bikinj juga rangkaian simple rib yg untuk pc juga tp karena tidak punya pc, cuma saya kasih tegangan plus 5v, tapi kenapa saat jack plug stereo 2,5mm saya masukkan sesuai tutor yg ada di youtube tekan dan tahan tombol 1 sambil nyalakan ht, kok gak keluar nyala orange/tidak ada reaksi/lampu led ht mati,

sampe penasaran saya lepas solderan kabel gnd rx tx yg ada di simple rib yg untuk pc baru saya tes tanpa load ke simple rib yg untuk pc dengan posisi jack plug stereo 2,5mm saya masukkan sesuai tutor yg ada di youtube tekan dan tahan tombol 1 sambil nyalakan ht,, baru keluar nyala lampu orange please master pencerahannya penasaran.

saya berpikir radio saya rusak, trus tak coba pake magone yg lain tetap sama kejadiannya

makasih master

YC5NBX mengatakan...

@ Sutono Laras
Silahkan dibalik polarity kabelnya pada USB2TTL
RX pindah ke TX dan sebaliknya
GND tetap.
Semoga berhasil..
Salam

ndorodemang mengatakan...

Kabel data hp dirubah menjadi kabel data HT baofeng bf888s bagaimana caranya om?

YC5NBX mengatakan...

@Dwi Atmaja
Pertama yg harus diketahui/di identifikasi adalah Pinout Kabel Data HP tersebut (RX TX dan GND). Biasanya sih untuk kabel
- RX warna Biru
- TX Warna Putih
- GND warna Hitam

Kedua :
Siapkan Jack jenis K, jika tidak ada maka dapat menggunakan 2 buah Jack Stereo 2,5mm dan 3,5mm
Langkah :
- Hubungkan Kabel RX warna Biru ke Terminal SLEEVE (Jack 3,5mm)
- Hubungkan Kabel TX warna Putih ke Terminal RING (Jack 2,5mm)
- Hubungkan Kabel GND warna Hitam ke Terminal SLEEVE (Jack 2,5mm)

Jangan lupa Install Driver kabel Data HP tersebut.

Semoga membantu

Unknown mengatakan...

permisi gan, ada program buat SMP468 gak ya ? klo ada dan boleh saya minta linknya ...
terima kasih

YC5NBX mengatakan...

@tuan eko
Maaf boss... gak punya.. yang ada versi dibawah itu..

vivat travel mengatakan...

Misi bang jaka. Bisa minta link software mag one a8. Ke lagsono.jatmiko@gmail.com.
Makasih

Unknown mengatakan...

pagi pak,pak sya mau tanya,kenpa ht mag one A8 tidak mau di seting,kira kira apanya ya pak?mohon minta panduanya pak.
terima kasih

YC5NBX mengatakan...

@ Vivat
Cek inbox

@Slamet
Sudah bisa terbaca oleh PC belum ?

Unknown mengatakan...

gan.. ijin minta link download software utk motorola mag one A8, terimakasih gan...

Unknown mengatakan...

gan ijin minta link software motorola mag one A8, terimakasih gan...

YC5NBX mengatakan...

@Willy Susanto
https://www.4shared.com/rar/8Y9cqz95ce/MA8R0204_AZ.html

Unknown mengatakan...

gan @YC5NBX
mau nanya.. kok tdk bisa terkonek ya.. pas buka software ada pop up box tulisannya "Comm. Port unavailable, Please change the port selection"
sudah coba di menunya pindah port 1-8 juga tetap tidak bisa...
klik read juga tidak terjadi apa2... padahal magone A8 sudah dalam posisi pemrograman..

YC5NBX mengatakan...

@Willy Susanto
Urutan.nya sebagai berikut :
1. Hubungkan USB to Serial ke Laptop / PC
2. Periksa default Com Port nya melalui Device Manager, pastikan tidak ada masalah.
3. Jalankan / buka Software Serial Port Monitor.
4. Masuk ke menu Session->New Session, akan muncul jendela baru "New Monitoring Session"
5. Pilih Port yang sesuai.
6. Select / Tick "Dump View"
7. Centang / Tick "Start Monitoring now"
8. Klik tombol "Start Monitoring"

9. Setelah itu dilanjut Jalankan / Buka Sofware Radio Mag One A8.
10. Pastikan Com Port sudah sesuai.
11. Jalankan perintah Device -> Read
12. Ketika muncul dialog Password, silahkan Anda beralih ke jendela Sofware Serial Port Monitor..
13. Temukan Line Read Data yang ke-2 paling bawah.
14. Jika Anda sudah menemukan Password yang menurut Anda benar, silahkan Copy atau catat di Notepad lalu Paste ke Software Radio.

Itu aja sih prosedurnya.. smoga berhasil.

Salam
yc5nbx

YC5NBX mengatakan...

@Willy Susanto
Cara / Prosedure menggunakan Software Serial Port Monitor untuk membaca Password Radio, dapat Anda lihat pada Video Berikut : https://www.youtube.com/watch?v=i9JxZNCPT3g

Semoga bisa membantu..
Salam

google mengatakan...

Salam kenal mau Tanya bagaimana cara nya memasukan frequency yg out of band pada Motorola mag one A8, saya liat di YouTube hanya tinggal input saja frequency nya tapi saya coba pasti keluar perintah out of range terus
Terima kasih

YC5NBX mengatakan...

@google
Gunakan Software yang telah dimodifikasi, agar dapat dipakai untuk mengisi Frequency diluar Range yang ada.

Unknown mengatakan...

siap.. terimakasih gan...

Unknown mengatakan...

Salam master,
Mohon bantuannya. Mag one a8 range 136-150 codeplug r01.00 ,, akan dibuat range 150-174, mohon solusinya?. Sudah coba edit freq diatas 150 tapi tidak bisa digunakan juga,, apakah harus update codeplug atau bgmana ...minta solusi bang?

si atuk mengatakan...

Bang tolong minta software mag one a8.

karsa.takarai17@gmail.com


Thank's

Andy.k mengatakan...

Bisa minta tolong kirimkan software Motorola tipe 328,338 ke email saya andykosasih87@yahoo.co.id

محمد جواد mengatakan...

I need a program
To mag one

YC5NBX mengatakan...

Software Mag One A8 Download :
https://www.4shared.com/file/vL6_ejeXfi/MOA8R0206AZ.html

Setyo mengatakan...

Salam kenal bang jaka, saya punya mag one a8 freq 136-150,sedangkan freq yg saya inginkan 165 apa bisa dirubah, mohon pencerahan

YC5NBX mengatakan...

@Setyo
Bisa..tapi gunakan Software yang sudah di modifikasi, dan sebagai informasi tambahan, jika terlalu jauh dari Range.nya bisa menyebabkan RAdio menjadi Error ketika Transmit. Kalau sekedar untuk RX sejauh ini tidak ada masalah.
Jika akan dipakai untuk Transmit (TX) sebaiknya tidak melebihi dari 2MHz (152 MHz).

Posting Komentar