Rabu, 25 Februari 2009

NAMAKU JUGA ADA DI BULAN Part2

JAXA KAGUYA
Credit : JAXA/Akihiro Ikeshita

SELENE atau Kaguya adalah nama dari wahana antariksa Jepang yang pertama. SELENE adalah singkatan dari Selenological and Engineering Explorer. Dalam mitologi Yunani, Selene adalah dewi bulan. Wahana ini adalah wahana antariksa pertama negara Jepang yang dikirim untuk misi penjelajahan bulan. SELENE ini juga mendapat julukan nama Kaguya. Dalam dongeng Jepang, Kaguya adalah nama seorang putri yang berasal dari bulan.
Kaguya diluncurkan dari Pusat Antariksa Tanegashima yang terletak di Tanegashima, sebuah pulau sekitar 1000 km selatan Tokyo pada pukul 10.31 waktu setempat pada tanggal 14 September 2007.



Launching KAGUYA
Launch KAGUYA

SELENE terdiri dari atas orbiter dan dua satelit. Misi ini dlengkapi dengan 14 alat observasi untuk meneliti permukaan bulan, gravitasi dan hal lain untuk menguak asal muasal dan evolusi bulan.
Misi ini merupakan salah satu misi negara Jepang sebelum rencana misi pengiriman astronot ke bulan pada tahun 2025 nanti.
Seperti halnya proyek NASA melalui programnya Message From Earth, JAXA juga membuat suatu program yang mirip. Namun media penyimpan data dan pesan bukan lagi pada kepingan DVD, melainkan pada sebuah lembaran Aluminium Foil dengan cara di grooving.


Aluminium Foil
Aluminium Sheet Location

Gambar Lembaran Aluminium Foil untuk mengukir nama dan pesan dan disebelah kanannya adalah lokasi penempatan Aluminium Foil.
Jumlah Nama dan Pesan yang diukir pada lembar Aluminium Foil sebanyak 410,000 Nama dan pesan, 20 diantaranya adalah kawan2 Amatir Radio dari Pekanbaru yang saya daftarkan.

Selain itu JAXA juga memberikan Certificate kepada mereka yang telah mendaftar. Bila Anda juga merasa pernah bergabung disana silahkan periksa kembali dengan meng-Klik Link ini.





de yc5nbx 73

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Mas Jaka, tolong ukir namaku (jgn lupa callsign ku jg ya mas) di batu Mars dan di batu bulan donk, paling tidak kalo temen2 mencari aku di bumi tdk diketemukan, mereka bisa mencari aku di Mars ato di Bulan, kali2 aje kita bisa buka 1 room di mars n 1 room di bulan, biar tambah rame gitu loooooo.....hehehehehe

YC5NBX mengatakan...

Insya Allah ya Mbak Yati klu nanti dapet notifikasi lagi dari Nasa.. pasti kudaftarkan.. Jangan lupa bawa Genset/Photovoltaic loh Mbak.. soalnya disana blum ada listrik.

Posting Komentar