Minggu, 16 April 2017

Cara membuat Kabel Data dari USB to TTL

Bingung mau membuat Interface / kabel data untuk program radio ?

Atau mungkin tidak punya waktu luang yang cukup buat nyolder interface..?
Sekarang Anda tidak perlu pusing lagi karena saat ini kita dapat memanfaatkan modul / kit yang sudah jadi dan mudah didapatkan dipasaran yang dikenal sebagai USB to TTL atau USB to UART.

Selain sangat murah harganya (dibawah Rp. 30 ribu)  juga simple dalam penggunaannya.
Lihat Video Demo berikut ini :



Beberapa contoh model USB to TTL

Contoh penggunaan untuk Motorola Mag One A8

USB to TTL ini juga dapat dipergunakan untuk banyak jenis Radio seperti ICOM, Kenwood, YAESU, BAOFENG, HYT dan lain-lain, tinggal disesuaikan dengan Pinout data.nya.

Oiya bagi yang kesulitan mencari Driver PL2303HX (Prolific) berikut link downloadnya :


Selamat mencoba, semoga berhasil.

Salam





57 komentar:

opango mengatakan...

selamat malam pak, saya mencoba membuat kabel data untuk gm338 memakai PL2303HX, skema wiring pinoutnya dengan konektor rj48 bagaimana pak? trimakasih sebelumnya.

YC5NBX mengatakan...

@Opango
Silahkan dicoba dulu :
1. Buat kabel data seperti untuk HT Motorola seperti pada posting saya tanggal 12 Oktober 2017 yang lalu.

2. Setelah modul PL2303HX selesai terhubung dipasang diode + resistor, selanjutnya siapkan kabel+ konektor RJ-45.

3. Hubungkan Pin-4 RJ45 ke Ground PL2303HX

4. Hubungkan Pin-7 RJ45 ke titik DATA (pertemuan antara Anoda+Resistor+RXD.

Smoga berhasil..
Salam

opango mengatakan...

terima kasih sudah respon, saya sudah buat koneksi seperti yang anda anjurkan untuk kabel datanya, tapi masih belum bisa, perangkat berbunyi terus tit tit.. tit tit.. perangkat juga tidak terdeteksi sofware cps ketika di read device: can not read unkwown radio component. kira-kira apa yang salah ya, system yang saya pake windows 10, pl2303 driver ver 3.3.2.102, soft cps r06.09.06

YC5NBX mengatakan...

@Opango
Jika keluar suara beep...beep...beep seperti itu
Sepertinya ada kesalahan pada koneksi kabelnya.
Perlu diingat bahwa untuk Pinout RJ45 Motorola itu berbeda dengan untuk Network LAN.
Jadi untuk Motorola No urut 1 berada di sebelah Kanan dan Pin 8 sebelah Kiri.
lihat posting saya pada bulan Desember 2008 :

http://yc5nbx.blogspot.co.id/2008/12/
(lihat schematic Mic GM300)

Kabel Ground itu warna Putih belang Biru masuk ke Pin 4
Kabel DATA Warna Oranye masuk ke Pin 7

Silahkan dicoba dulu..
Jika tidak berhasil, update drivernya ke versi
lain yang 2009 (3.3.2.105)

Semoga berhasil.

YC5NBX mengatakan...

@opango
Jika belum berhasil coba unduh Driver terbaru disini :
http://www.prolific.com.tw/US/ShowProduct.aspx?p_id=225&pcid=41

opango mengatakan...

Untuk koneksi kabel sudah benar, 1-8 dari kanan ke kiri, coba nanti saya update driver ke 2009 (3.3.2.105), sebelumnya pake driver terbaru malah ngga bisa jalan.

opango mengatakan...

Masih belum berhasil jg, saya coba pakai laptop lain win vista, driver saya cb dari yg versi lama sampai versi terbaru semua bisa jalan, tp cuma masuk sampai pilihan open port, setelah itu saya read device muncul tulisan: "Couldn't open port, check whether device/RIB are powered on or not, and the device to RIB, and the RIB to PC connection is OK." masih terus bunyi "tit tit.. tit tit.." mohon bimbingannya pak.. opangostudio@gmail.com

YC5NBX mengatakan...

@opango
Ini saya coba buatkan "tutorial" pembuatan kabel data program untuk Motorola GM338 dengan USB to TTL produksi D-Sun dengan Chip PL2303HX

https://youtu.be/Sylts2CFCzQ

Salam

opango mengatakan...

Waahh sampe dibikinin videonya, thx alot! Punya saya yang model seperti ini, http://www.instructables.com/id/Usb-to-SerialTTL-adapter/ Wiring sudah bener menyesuaikan pinoutnya, apa mungkin dapet yang bad copy sehingga ngga bekerja sebagaimana mestinya, cb nanti saya cari FTDI saja.

YC5NBX mengatakan...

@OPANGO
Iya harusnya kurang lebih sama.. mungkin beda di versi Driver.nya saja..
Apakah sudah pernah dicoba test Loop (jumper RX-TX) dengan Terminal ?
Lalu Apakah Radio GM338 yang akan di Set itu berdiri sendiri atau berada dalam Unit Repeater ? Jika masih terdapat 16 pin Konektor yang terpasang pada bagian belakang, seharusnya dilepas dulu.. karena konflik.

opango mengatakan...

Update: Akhirnya pakai FTDI langsung bisa! Tuntas sudah rasa penasaran saya.. Trimakasih, sangat berguna sekali.

YC5NBX mengatakan...

@OPANGO
Hahahahaaa.... akhirnya FTDI menjawab semuanya..!!

Unknown mengatakan...

om kalo selain FTDI bisa USB TO TTL yg lain di gunakan

Unknown mengatakan...

om kalo pake yg lain bisa

YC5NBX mengatakan...

@agustinus yd7yva
Bisa OM, cuma terkadang bermasalah di Drivernya jika menggunakan Windows 8 atau 10. Pengalaman saya ketika pakai Win XP dan Win 7 sih normal" saja.

Unknown mengatakan...

om sya mw coba yg usb to ttl pl2303hx,trus apa semua ht motorola kalo download CPS d passwoof

YC5NBX mengatakan...

@agustinus yd7yva
Tidak semua HT Motorola dipassword. semua tergantung dari sang pemilik, jika OM Agustinus beli HT Motorola kondisi baru tentu saja tidak dipassword.

Unknown mengatakan...

bukan itu om jaka maksud sya softwarenya kalo download apa pasti minta passwood

YC5NBX mengatakan...

@agustinus yd7yva
Tidak juga Om.. kalau ada Software di Folder saya yang dipassword, itu semata" hanya utk "kontrol" traffic aja Om..

Unknown mengatakan...

oc om trimakasih penjelasannya

Unknown mengatakan...

pak jaka net 2 meter lokal balikpapan pak jgn antena d naikan g d pake

YC5NBX mengatakan...

@agustinus
Siiiap OM Agus... hahaha.. tahu aja si OM..
klu boleh mohon diinfokan freq.nya ke WA 0852.3557 triple enam 2. Tks sebelumnya OM Agustinus..

Unknown mengatakan...

pak di software radionya ada keterangan "unusual comunication" ya...

YC5NBX mengatakan...

@Putu Edi Suarya :
Anda pakai software Mag One A8 versi berapa ?
Saya pakai versi R02.04 ini linknya : https://goo.gl/FVXQZJ
Silahkan dicoba.

halla mengatakan...

Bravo !... Oldman....
Terima kasih banyak....
73....

YC5NBX mengatakan...

@Halla Abin
Sama-sama Om..

Cozzyh mengatakan...

Siang pak, kalau untuk bf-t1 menggunakan kabel program bf 888s bisa tidak pak, kemarin saya coba koq belum berhasil read data, mohon pencerahannya pak....terimakasih

YC5NBX mengatakan...

@kosih
Kabel Program untuk HT Baofeng BF-T1 menggunakan USB Micro.
Sedangkan Baofeng BF-888s menggunakan konektor tipe K.
Agar Kabel Program Baofeng BF-888s dapat dipakai untuk BF-T1 maka
Anda perlu melakukan sedikit modifikasi pada bagian konektornya.
Misalkan dengan Memotong Kabel BF-888s pada bagian tengah, lalu Anda tambahkan sepasang konektor apapun jenisnya agar konektor BF-888s dapat dipakai kembali.
Berikutnya Anda siapkan Kabel 3 inti (TX, RX & GND) dilengkapi dengan Konektor Micro USB (lebih dikenal sebagai DIY Micro USB), kemudian hubungkan kabel :
- TX ke Pin 4
- RX ke Pin 3
- GND ke Pin 5

Selamat mencoba, semoga berhasil

Unknown mengatakan...

Maaf saya udh coba sesuai di tutorial. Skrg sy pake ftdi tetap saya belum bs konek. Udh nyerah tp masih penasaran

YC5NBX mengatakan...

@Tanpa Nama
Pastikan Driver terinstal dengan benar dan berfungsi..
Coba dulu dengan metode Loopback, apakah USB to TTL FTDI Anda sudah dikenal oleh Komputer Anda.
Caranya dengan menJUMPER langsung terminal TX dan RX pada FTDI, setelah itu gunakan Software Terminal seperti Hyperterminal atau Putty, Realterm, Termite atau lainnya..
Jika Anda mengetik apapun karakternya pada jendela TX, maka jika karakter tersebut muncul pada jendela RX..artinya USB to Serial Anda sudah benar terinstal.
Jika belum tentu saja Anda tidak akan pernah berhasil membaca Codeplug Radio.
Silahkan periksa kembali Driver USB to TTL / Serial dan sekali lagi Pastikan Driver SESUAI..
Silahkan Download Driver FTDI sesuai dengan system pada komputer Anda.
Link Download Driver FTDI : https://goo.gl/A2YCAs

ariefpn mengatakan...

buat yaesu yaesu ft2900 apa bisa om ? perlu resistor dan lainya juga ?

YC5NBX mengatakan...

@ariefpn
Bisa om, Untuk Kabel Program YAESU FT2900 itu sama dengan Motorola, jadi perlu Resistor sebagai Pullup dan Diode .
DATA = Pin-6
GND = Pin-4

Unknown mengatakan...

Bang tolong aku dibantu, aku punya yaesu ftl-7011 yang bikin aku pusing 1000 keliling, sudah menghabiskan umurku 3 hari, aku sudah coba rakit sendiri kabel datanya tapi nggak konek2 juga aku belikan jadi juga sama, apakah FTDI bisa menyelesaikan masalahku mohon bagi ilmunya dan tambahan komponennya apa saja.

Unknown mengatakan...

Bang tolong aku dibantu, aku punya yaesu ftl-7011 yang bikin aku pusing 1000 keliling, sudah menghabiskan umurku 3 hari, aku sudah coba rakit sendiri kabel datanya tapi nggak konek2 juga aku belikan jadi juga sama, apakah FTDI bisa menyelesaikan masalahku mohon bagi ilmunya dan tambahan komponennya apa saja.

YC5NBX mengatakan...

@Rifqi
Untuk memprogram Radio YAESU FTL-2011, FTL-7011, yg harus dipersiapkan adalah :
1. Interface dgn MAX232 atau Transistor
2. Komputer Under DOS, usahakan gunakan komputer yang model lama, karena RAdio ini dalam komunikasi datanya tidak membutuhkan kecepatan yang tinggi.
3. Software tentunya.
Di Google saya kira cukup mudah menemukan tutorial cara memprogram Yaesu FTL-7011.
Jadi sebaiknya ikuti dulu tutorial cara-cara yang sudah mereka tunjukkan.
Setelah berhasil.. baru Anda coba dengan USB FTDI dan DOSBOX.

Unknown mengatakan...

Terima kasih Bang, semua itu sudah saya jalankan kecuali point no.2 pc ku sampai aku instal ulang tanpa Windows pakai DOS 6.00 , 6.22, win98, dosbox 0.74. semuanya gagal di ce5nya ada pesan trouble deteted ada terusannya saya lupa, terus transfer aborted.

Unknown mengatakan...

alat-alat yang aku gunakan 1. usb to serial rs232, kabel data rakitan sendiri pakai tr bc 548, rakit lagi pakai bc 588, beli kabel data jadi secara Online yang katanya bisa untuk 7014 dan 7011, juga sama pesannya.

Mahesa mengatakan...

bang,buatin tutor bikin kabel data ht motorola gp 338 pake usb....

YC5NBX mengatakan...

@I Nengah Mudiarta

Maaf Bli.. Radio.nya yang belum ada.. nanti klu ada saya cobanya.

WAMANA mengatakan...

Om saya mo tanya, saya dikasi ht alinco dj 195 pcb keypadnya rusak punya saran servicenya om, trus pada saat hidup tanda hurup M dan F sebentar muncul sebentar hilang sempat saya bersihkan pakai tiner tak membantu satu lagi pada saat standby ada suara desah padahal sqlnya udah tak seting ada solusinya om, trims ya om sebelumnnya

UNKNOWN mengatakan...

Saya ingin tahu cara untuk membuat programming cable motorola GP338. Bolehkah sekiranya saya menggunakan cp2102 dan usb to ttl rs232? Saya telah melakukan ujikaji namun tidak berjaya. Untuk makluman, saya cuba melakukan ujikaji yang ke 2 dengan menggunakan kabel program rig kenwood tm271 untuk digunakan sebagai kabel program bagi motorola gp338. Saya telah memotong kepala rj45 pada kabel program kenwood tm271 tersebut. Terdapat 3 wayar iaitu merah, putih dan hitam. Pada gp338 saya solderkan 3 wayar iaitu pada pin tx rx dan gnd. Namun tidak berhasil untuk program motorola tersebut. Jadi adakah cara lain untuk saya selesaikan masalah ini? Mohon dibantu ya.

UNKNOWN mengatakan...

Saya ingin tahu cara untuk membuat programming cable motorola GP338. Bolehkah sekiranya saya menggunakan cp2102 dan usb to ttl rs232? Saya telah melakukan ujikaji namun tidak berjaya. Untuk makluman, saya cuba melakukan ujikaji yang ke 2 dengan menggunakan kabel program rig kenwood tm271 untuk digunakan sebagai kabel program bagi motorola gp338. Saya telah memotong kepala rj45 pada kabel program kenwood tm271 tersebut. Terdapat 3 wayar iaitu merah, putih dan hitam. Pada gp338 saya solderkan 3 wayar iaitu pada pin tx rx dan gnd. Namun tidak berhasil untuk program motorola tersebut. Jadi adakah cara lain untuk saya selesaikan masalah ini? Mohon dibantu ya.

Gado gado TV mengatakan...

om... bikin tutorial dong di youtube, cara bikin suara ptt id baofeng seperti motorola gp1200 gmn om?

@onez Timisela mengatakan...

Om kalau untuk Icom F 5022 skemanya ada ya om?

YC5NBX mengatakan...

@Onez Timisela
Untuk Kabel Data ICOM IC-F5022, Anda dapat menggunakan Model OPC-1122
RX Pin 2
TX Pin 8
GND Pin 7

YC5NBX mengatakan...

@NAJMI FAUZI
3 Wayer
Data RX/TX = Pin 8 dan Pin 9 di jumper
GND Pin 7

Tri mengatakan...

Bisa bantu skema pembuatan kabel untuk BF-T1 dari kabel USB HP. Interface apa yg dibutuhkan ? thanks

YC5NBX mengatakan...

Kabel Program BAOFENG BF-T1 bisa menggunakan FTDI atau sejenisnya.
Kabel USB HP, hanya kabelnya saja yang bisa dipakai, karena pada HP umumnya yg dipakai V+ D+ D- dan GND
Sedangkan untuk BAOFENG BF-T1 hanya 3 wire yang dipakai :

D+ = RX (USB to TTL / UART) ex.FTDI
ID = TX (USB to TTL / UART) ex.FTDI
GND = GND (USB to TTL / UART) ex.FTDI

Nasrudin mengatakan...

Selamat malam Pak
Saya punya radio kenwood tm281, kenapa untuk pindah frekuensi selalu selisi 0,0125. Misal frekuensi awal 145.350, jika diputar naik maka ketemu frekuensi 145.3625. Dan sudah saya reset tetap. Mohon solusinya?

YC5NBX mengatakan...

@Nasrudin
Coba lihat di buku Instruction Manual halaman 54.
biar kalau dipindah, angkanya tidak "aneh", maka pilih 5khz atau 10khz.

ini kutipan.nya :

FREQUENCY STEP SIZE
Choosing the correct frequency step size is essential in
selecting your exact receive frequency using the Tuning
control or Mic [UP]/[DWN]. You can select your desired
frequency step size from:2.5 kHz (TM-281A Only),
5 kHz, 6.25 kHz, 10 kHz, 12.5 kHz, 15 kHz, 20 kHz,
25 kHz, 30 kHz, 50 kHz, 100 kHz.

To change the frequency step size:
1 While in VFO Mode, press [F], [MENU] and turn the Tuning control
to select Menu No. 1 (STP).
2 Press [MENU] and turn the Tuning
control to select your desired frequency step size.
3 Press [MENU] to store the setting or any other key to cancel.
4 Press any key other than [MENU] to exit Menu Mode.

tomy mengatakan...

Halo Master, apa di sini ada yang punya Cloning Software CS IC-V88 buat ICOM IC-V88 ? Sduah cari sana sini belum ketemu. Kalo ada yg punya bisa dishare Om ke email saya : tomy.s.nugroho@gmail.com Terima Kasih buat yang mau share.

@onez Timisela mengatakan...

kalau OPC 1122 bisa kita rangkai dengan USB to TTL D-SUN bisa tidak OM Utk Icom F 5022

YC5NBX mengatakan...

@onez Timisela
Maksudnya gimana Masbro, OPC1122 itu didalamnya kan sudah ada Chip USB Serial.nya... kenapa harus dirangkai dengan USB to TTL D-SUN ?
Kalau niatnya mau bikin seperti OPC1122 dengan USB to TTL D-SUN harusnya bisa.. jika gagal coba pergunakan USB to TTL model lain seperti FTDI yang sudah terbukti handal dan tidak rewel.

wahyuekop mengatakan...

Halo pak.. Salam sejahtera, sehat selalu dan senantiasa berbahagia..
Saya punya radio tait 2000 type 2010 4 channel.
Pertanyaan saya; apakah dengan usb ttl atau dengan tutorial bapak bisa untuk memprogram radio tait tsb?
Terimakasih 73 !!

Muhammad Ilham Akbar mengatakan...

Halo Pak. Saya awam untuk masalah perkabelan dsb.

Saya mau program FTL2011.
Program under dos udah buat di usb dan sudah bisa masuk Aplikasi CE5 nya.

Nah pas mau konek in ke usb gak detect ke laptop.
Kabel data aslinya emang RJ45 ke port PC lawas.
Saya nyoba nya pake kabel data rig biasa yg RJ45 to usb gak detect.

Gimana/bisakah konek in FTL2011 saya via usb?
Apakah bisa kabel data aslinya yg ujungnya port komputer lawas diubah ke port usb?
Trims mohon bantuannya

YC5NBX mengatakan...

@Muhammad Ilham Akbar
Saya belum pernah mencoba FT2011.
Dari beberapa literatur yg saya baca pertama pastikan Pinout Kabel Data Yaesu FT2011 sudah benar, yaitu pada Terminal RJ-45
Pin-5 = GND
Pin-8 = DATA
Kemudian jika Anda menggunakan USB tentu komputer yang dipakai sudah modern/memiliki kecepatan yg tinggi.
Sedangkan Software Radio FT2011 menggunakan DOS yang pasti kecepatan lebih rendah.
Untuk "menyingkronkan" 2 kecepatan yang berbeda itu maka kita harus menggunakan DOSBOX (cari di google)

Untuk sisi USB.nya seperti yang bisa Anda lihat pada postingan sy lain (Blog maupun Youtube), yaitu kabel DATA diambil dari pertemuan Kabel TX dan RX, coba dulu denga Diode dan Pullup Resistor, jika gagal boleh dilepas Diode.nya (langsung jumper).

YC5NBX mengatakan...

@Muhammad Ilham Akbar
Pada DOSBOX atur kecepatan hingga pada nilai 141 cycle dengan cara Tekan Tombol Ctrl+F11 dan Ctrl+F12.

Posting Komentar