Selasa, 07 Februari 2012

RoIP AUDIO TEST

Bagi kebanyakan kawan" yang aktif berkomunikasi melalui Radio over Internet Protocol (RoIP) seperti eQSO iQSO Echolink Free Radio Network (FRN) CQ100 dll.. pasti tidak asing dengan istilah Audio Test Room.
Namun belakangan ini saya tidak melihat tersedianya "fasilitas" Audio Test dibeberapa server.
Tidak tahu persis alasanya kenapa fasilitas yg cukup "penting" ini tidak tersedia, apakah memang dinilai tidak perlu banget atau...?

Di posting ini saya ingin menambahkan sebuah ide lama, namun baru kali ini berniat untuk menulis... meskipun sebetulnya belum saya test.
Tetapi berdasarkan hasil simulasi dengan bantuan Tina dan Proteus seharusnya dapat berjalan sesuai yang diharapkan.. dan seringnya sih memang begitu.



Jantung dari Kit RoIP Audio Test ini adalah sebuah Chipcorder andalan saya ISD1420 dan beberapa komponen lain sebagai kontrol.

RoIP AUDIO TEST

Cara kerjanya :

Kit RoIP Audio Test harus terhubung dengan eQSO Gateway, dimana setting nya adalah identik dengan Station Gateway.
Ketika Gateway ini dalam kondisi "menerima" signal dari DTR atau RTS pada RS232 dimanfaatkan sebagai perintah REC (record) yaitu dengan merubah kondisi
logika 1 ke logika 0, sehingga Audio dari Line Out PC dapat di rekam melalui terminal MIC di Kit ini.

Karena Chipcorder ini hanya memiliki kapasitas penyimpanan selama 20 detik, maka didalam schematic juga saya sisipkan pembatas waktu yang dapat diatur sesuai dengan kapasitas chipcorder itu sendiri.
Artinya jika seseorang mencoba TEST Audio lebih dari 20 detik, maka Audio yang dapat di rekam dimulai dari 0 detik hingga 20 detik, sisanya akan diabaikan.

Ketika pengguna telah melepas PTT, maka rangkaian kontrol akan memberikan perintah PTT ON terlebih dahulu melalui terminal CTS (pin8) pada RS232 kemudian setelah +/- 1 detik memberikan perintah PLAYE pada Kit., dengan demikian Audio yang telah direkam sebelumnya akan dikeluarkan melalu terminal SPK untuk selanjutnya di teruskan ke Line In / MIC pada Sound Card, sehingga pengguna dapat mendengarkan kualitas Audio sendiri.

Kit ini sangat memungkinkan dipergunakan pada setiap user, sehingga diharapkan semua user yang menggunakan Kit ini dapat memberikan report secara Real mengenai kualitas Audio masing-masing tanpa perlu "mengantri" di Room Audio Test :)

Salam de yc5nbx/7

1 komentar:

FastTell Jakarta mengatakan...

Barang jadinya ada ga Om?
tolong di infokan di yd0inu@yahoo.com
TNX...73
/wisnu

Poskan Komentar