Kamis, 10 Juni 2010

SIMULASI COR REPEATER

Menanggapi keraguan seorang kawan yang telah mencoba membuat PCB COR pada postingan sebelumnya dan informasinya tidak berhasil.
Menurut saya ada beberapa kemungkinan kesalahan :
1. Periksa kembali semua track PCB, pastikan tidak ada yang putus, ada baiknya menggunakan bantuan sinar dibalik PCB agar lebih mudah untuk diterawang.
2. Periksa tiap solderan, apakah terdapat sisa timah yang menyentuh jalur lain.
3. Ukur tegangan pada tiap titik Test Point.
4. Sebelum dihubungkan dengan Radio Penerima (RX unit) ada baiknya di test terlebih dahulu dengan memberikan tegangan trigger (+5VDC) ke terminal COS dilengkapi dengan Toggle Switch.
5. Periksa seluruh komponen, dan pastikan tidak ada yang rusak.
Sebagai acuan saya mencoba membuat simulator dari Schematic COR, dan mudah2an dapat dipergunakan sebagai pembanding/cross check.



Video lain adalah Simulasi gerbang Logika NOR, meskipun dalam schematic COR versi yc5nbx tidak menggunakan gerbang NAND, tapi sengaja saya sisipkan sekalian.
dan lainya sesuai dengan judulnya masing2 adalah simulasi per bagian (sub circuit) agar lebih mudah dalam pemeriksaan.
Dalam Simulasi COR ini ada sedikit perbedaan seperti misalnya circuit Pulse Generator dengan IC NE555 diganti dengan symbol CLOCK, ini hanya bertujuan untuk membuat lebih simple.
Lalu ada symbol VCS (Voltage-Controlled Switch) dibagian CLOCK, ini bertujuan untuk men-disable tegangan clock, karena dalam symbol CLOCK tegangan kerja sudah ada “didalamnya” dan fungsi enable/disable pun juga tidak disediakan.
Kemudian ada juga symbol dengan Label DC State, ini berfungsi sebagai Timer-Controlled Switch dan tujuanya adalah sebagai pemicu awal (SET atau RESET) pada circuit SR Latch.
Terakhir pada bagian bawah Schematic nampak terdapat circuit 2 Digit Up-Down Counter yang dilengkapi dengan HEX KEYPAD untuk mengkondisikan nilai setting (Preset Load) yang ini hanya sebagai indicator / display untuk memastikan kebenaran jumlah pulse.












73 de yc5nbx

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar