Kamis, 12 Maret 2009

DTMF RC Via PHONE LINE

Melengkapi Artikel terdahulu SIMPLE DTMF DECODER RC, kali ini saya tambahkan project sejenis, namun ada sedikit perbedaan pada media pengiriman DTMF.
Dimana sebelumnya media pengiriman DTMF menggunakan Radio Frequency,… yang ini menggunakan media saluran Telepon atau Public Switched Telephone Network.

Dalam uji coba seperti tampak pada jendela Youtube dibawah ini, saluran telepon yang dipakai menggunakan Private Automatic Branch eXchange / PABX.




Rangkaian ini terdiri dari Ring Detector, Coupling Transformer sebagai Isolasi Audio, Count Down Timer untuk Auto On/Off Hook, Penguat Audio dengan LM741, DTMF Receiver dan beberapa pasang Logic Gate.

PCB COMP PLACE
COMPONENT PLACE

PCB DTMF PHONE LINE BOTTOM
PCB Bottom - Solder

PCB tersebut saya buat dengan metode Toner Transfer Paper yang murmer… (pakai kertas bekas kalender). Nampak beberapa komponen yang tidak "kebagian" tempat, sehingga harus dipindahkan ke bagian bawah.

dtmf phoneline overlay
OVERLAY

DTMF PHONE LINE SILK
SILKSCREEN

DTMF PHONE LINE BOTTOM
BOTTOM

Model
MODEL

Shematic DTMF Phone Line
SCHEMATIC

Karena Trafo jenis ini agak sulit ditemukan di pasaran. Saran saya Anda dapat memanfaatkan Trafo kopling yang sesuai dari telepon bekas atau External Modem Data,Voice,Fax 56K model lama yang sudah rusak / tidak terpakai lagi dan temukan Trafo tersebut.

Model Trafo Modem atau Telepon dapat dilihat seperti foto dibawah.


Modem
Modem
Trafo Modem1

Trafo Telp


Download

73 de yc5nbx

1 komentar:

YC1ZAI mengatakan...

haloo...Om Jaka, Link Download dtmf via phone nya hilang/deleate?
boleh kiranya minta schema dan gambar pcb serta daftar komponen nya, Tolong kirimkan ke emailku
sarahmeysa@gmail.com

Hatur nuhun,
YD1CCP - Bandung

Posting Komentar