Sabtu, 17 Desember 2016

Maxton Repeater Delay Cable Schematic

Ditengah kesibukan sehari-hari, Entah sudah berapa lama saya tidak pernah update Blog.

Kali ini mumpung ada waktu dan lagi gak malas.. saya ingin sedikit menulis tentang Repeater Delay Cable yang saya kira Anda semua sudah tahu, karena memang selain mudah ditemukan di Google, Modul ini juga banyak ditemukan di toko online.
Selain harganya yang terjangkau, dari segi ukuran juga Modul ini terbilang cukup kecil dan mudah dalam instalasinya.

Maxton Repeater Delay Cable (RX)

Sudah cukup lama sebetulnya saya ditanya oleh beberapa orang mengenai Modul ini.
Karena beberapa orang yang sudah menggunakan Modul Maxton Repeater Delay Cable (KIT) ini pernah menemui beberapa masalah sampai kepada kerusakan yang pada akhirnya tidak dipakai kembali.
Barangkali karena sulitnya mendapatkan Skema dari Kit tersebut,.

Terakhir saya mendapat pertanyaan dari salah satu pengunjung Blog ini, yang punya masalah dengan Kit ini.
Infonya adalah KIT ini bekerja dengan baik pada Radio GM300, namun bermasalah di GM3688. Ada beberapa Solusi yang saya sarankan mulai dari Memindahkan Pin COR yang default.nya di Pin-8 dirubah ke Pin I/O yang lain (misalnya Pin-4, Pin-12 atau Pin-14).
Dan ternyata berfungsi di Pin-14... Hal ini disebabkan karena ketika Open Colector pada Transistor Q416 di radio GM3688 atau CM300 atau PM300 tidak cukup / tidak mampu membuat kondisi Logic dari 1 menjadi 0. Solusi lain adalah dengan mengganti Resistor Pull_up (R1) dengan nilai yg lebih besar.



Schematic Maxton Repeater Delay Cable

KIT ini sangat sederhana sekali, karena hanya terdiri dari rangkaian / sirkuit yang menggunakan IC Timer NE555 yang dirangkai menjadi Monostable... dan Anda dapat dengan mudah mencari di Google dengan kata bantu Monostable NE555.

Seharusnya saya akan sisipkan Simulasi Video saya sendiri yang ada di Youtube mengenai Simulasi dari KIT ini, cuma karena masih dianggap bermasalah berkaitan dengan copyright, maka sy tunda dulu sampai youtube menyetujui :( Padahal Video yg sdh di upload adalah murni milik saya, tidak ada satu frame-pun hasil copy dari sumber lain. Sedangkan Audio / music yang saya pakai juga berasal dari Library Youtube yang memang diperbolehkan untuk dipakai.. (koq malah curhat...)
(update : Terima kasih Youtube, akhirnya di approved )


Semua komponen dalam KIT / Skema tersebut mudah ditemukan di Toko online lokal.
Jika Anda berniat ingin membuat sendiri dan mengalami kesulitan dalam menemukan komponen SMD khususnya Diode, maka ganti saja diode misalnya 1N4148 atau sejenisnya. 
Transistor juga demikian...tidak harus menggunakan 2N3904 Anda dapat menggantinya dengan tipe lain yang sejenis (NPN).

Di Posting yang akan datang Insya Allah saya akan update kembali gambar PCB nya dengan harapan Anda dapat membuat sendiri Kit ini.
Semoga bermanfaat.


Salam







2 komentar:

bayu ambon mengatakan...

Om kalo ditambah untuk link dengan skema diatas gimana skemanya ya..

YC5NBX mengatakan...

@bayu ambon
belum sempat Bang.. nanti klu ada waktu senggang sy coba oret" lagi.

Posting Komentar