Kamis, 20 November 2014

PC AUTO STARTUP

Ide ini muncul ketika saya mulai aktif mengoperasikan RoIP ( misal : Zello ) dan PC Remote Access seperti Team Viewer di tempat saya bekerja.
Ini karena setiap hari listrik PLN di kota Balikpapan selalu padam, terutama ketika masuk waktu beban puncak. Maklum lah beban yang harus dilayani lebih besar dari kapasitas pembangkit. Semoga saja tahun depan sistem kelistrikan Mahakam bisa Surplus..Amin.

Percuma saja jika kita telah meng-Install Team Viewer tapi komputernya sendiri tidak dalam status ON ketika listrik nyala.

PC Auto Startup yang saya maksud adalah Komputer dapat ON dengan sendirinya  setelah listrik PLN padam. Sebetulnya ada cara lain yang mungkin lebih mudah yaitu dengan men-setting pada BIOS, namun karena alasan tidak terbiasa bermain/utak atik BIOS maka alternatif lain adalah dengan menambahkan sedikit circuit elektronik, seperti pada gambar schematic dibawah ini :





Disini saya menggunakan microchip 12F629 atau 16F84A  dengan 1 bh Relay SPST.
Yang saya lakukan dengan cara menyambungkan secara paralel kontak Relay (NO : Normally Open) dengan kabel yang menuju Tombol Power (ON/OFF).

Ada 2 bh LED, yg berfungsi sebagai indikator Relay ON dan LED BLINK. 

Dan berikut simulasinya :








3 komentar:

Radeck mengatakan...

Salam kenal Mas jaka. Sy sedikit2 paham tentang computer. Tp sangat awam dg dunia elektronika. Niat ny pengen belajar.. Hehehe ... :)

Tentang PC auto start up ini boleh diberitahu detail cara kerjanya Mas ?
Klo boleh diberitahu, komponen apa aj yg dibutuhkan utk ini?

:) mau coba belajar mas .... :)

YC5NBX mengatakan...

@ Radeck
Salam kenal jg>
Cara kerjanya sebetulnya simple sekali.
Hanya dengan mem-bypass (paralel) Kabel Power On-OFF CPU dengan kontak NO (normally Open pada Relay, maka ketika sumber listrik Nyala kembali setelah padam dan circuit PC Auto Startup ini akan "menggantikan" kita seolah-olah tombol Power di tekan.
Komponen yang dibutuhkan seperti pada gambar. Jika gambar di blog kurang jelas, silahkan download gbr dengan ukuran/resolusi yg lebih baik.

Link Gambar :
http://www.4shared.com/office/naZVQzance/ISIS_Professional_-_D__16F84A_.html

Link Hex File :
http://www.4shared.com/rar/XZb_Jnulce/Autostartup84a.html

Salam

Amruloh Amin mengatakan...

Ya yang lebih mudah adalah setting di bios. masuk saja ke bios pada menu power management trus power loss state di ON kan

Poskan Komentar