Kamis, 27 Desember 2012

BIDIRECTIONAL - CROSS BAND REPEATER

Menjelang penutupan tahun 2012, saya dimintai tolong oleh seseorang untuk membuatkan COR Repeater yang dapat dipakai / berfungsi “Bolak-Balik” atau istilah di amateur radio Bidirectional Repeater.
COR ini juga sangat memungkinkan difungsikan sebagai Cross Band Repeater, seperti yang bisa dilihat di gambar diagram berikut :


Pada gambar diagram diatas Nampak COR Bidirectional ini berfungsi sebagai Link untuk 2 unit Base Repeater yang  berbeda Frequency-nya dan kendala jarak yang mungkin sangat jauh atau terhalang oleh bukit.

Selain sebagai Link 2 Base Repeater yang berbeda Freq. COR ini juga dapat dipakai sebagai Cross Band Repeater, jadi pengguna / user yang mempergunakan perangkat 70cm dapat berkomunikasi dengan user lain yang menggunakan 2M Band.

Instalasi COR pada masing-masing unit terlihat sama persis, karena fungsi radio dipakai sebagai RX juga TX (bergantian).
 
Selain itu COR ini juga harus mampu menunda Tail Squelch dari Base Repeater yang "dipanggil" tujuannya agar tidak terjadi Loopback (signal balik yang berkelanjutan)
 

Design PCB ini saya buat dengan model Double Layer PTH dengan soldermask warna Hijau dan Silkscreen warna Putih.


Semoga buat kawanku yang ada di bagian "WIT" sana berhasil mengatasi permasalahan yang dihadapai.
 
73 de yc5nbx/7

21 komentar:

GELAR KREATIFITAS PRAMUKA mengatakan...

Selamat pagi mas,saya tertarik untuk memiliki COR ini,apa bisa di gunakan dgn radio HT sbg TX dan RX,kira2 berapa biaya pembuatan COR ini,balas ke email saya reff_bk@yahoo.co.id

bayu ambon mengatakan...

mantraaaapp!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

CAC Print & Design mengatakan...

mas saya juga mau donk di infoka biayanya ke email@andrianto.eko@gmail.com mksh

Unknown mengatakan...

salam sejahtera kang jaka ... aq bayu.. paling suka dengan brocasting juga pemancar... ni aq ada rencana mau bikin radio pancang ulang ... cuma klo pake cor yang 1 transistor.. kurang bagus...
saya mohon kang jaka mau memberikan rekomendasi skema macam2#cor# yang paling komplit nanti saya akan coba 1 per 1.. tolong kirim ke email saya di cakrabirawa6@gmail.com. sebelum dan sesudahnya saya ucapin terima kasih

Anonim mengatakan...

Yth. YC5NBX. mhn bantuan saya punya GM3688 2 unit dan RICK, rencana saya mau dijadikan repeater. Apa saja yg harus diprogram pada GM3688 TX dan RX nya. Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih.

comando mengatakan...

ha ha ha ya ya ya ini dia yang saya maksud pak bos he he he,memang pak bos ini hebat dan memilik imajinasi yang kuat...selamat pak bos,saya tunggu kirimannya marscoorp@gmail.com
trimakasih ya pak bos.

agusjager mengatakan...

Salam sehat sukses selalu bang,.....untuk kit cor bidirectional yang udah jadi ada nggak bang,....berapa harganya dan gimana cara pesannya bila menginginkan, makasih infonya kutunggu bang di agusjager@gmail.com

Unknown mengatakan...

hallo bro.....lama g pernah ketemu.salam ya dari bojonegoro,aq bolak-balik kalimantan bjn akhir2 ini,YC3HER

Unknown mengatakan...

Kira kira harganya berapa tlng infonya... aand_puccino@yahoo.com

Unknown mengatakan...

Om Jack, boleh di kirimin schema dan pcb print out nya ke ditotenindo1@gmail.com

Gesi aprian mengatakan...

Om Jaka...Boleh Minta skema, daftar komponen dan layout PCB juga ..ok
ke : yd1ccp@aol.com ,
terima kasih

ELEKTRONIC KITS mengatakan...

berapa harga kit cor nya bs infokan ke hz_culun@yahoo.co.id infokan juga no hp nya trimks

Dadang Ermin mengatakan...

Kang Jaka, Sy butuh DTMF Remot untuk Repeater. kisaran berapa mohon imfonya Ke dadangermin@ymail.com

Unknown mengatakan...

Om saya butuh COR bidirectional nya bisa pesan?

Unknown mengatakan...

Om saya butuh C O R bidirectional nya,bisa pesan

YC5NBX mengatakan...

@ David KF
Yg model Analog kebetulan dah habis PCB nya. Yg ada pakai PIC12Fxxx. Fungsi sama persis. Boleh minta email.nya.

Unknown mengatakan...

Om Jaka,bagaimana caranya saya mendapatkan cor bidirectional repeater ini???ini email saya :stefanuseddys@gmail.com

Unknown mengatakan...

Kang Jaka, Info dimana bisa mendapatkan COR bidirect Repeater nya, dan brp hrg nya. Tmks, email saya: t_aswar@yahoo.co.id

YD9DL mengatakan...

kang jaka, jika ada skema cor bidirektional yang lebih simple, tolong di email ke sariamertabali@gmail.com , terimakasih.....

Vision mengatakan...

Boleh tahu harga jadinya om?
swastiastuyaduya@gmail.com

orweko@blogger.com mengatakan...

Kirim imail ke orweko@gmail.com

Posting Komentar