Rabu, 11 Mei 2011

COS PINOUT ICOM IC-2200H

Beberapa waktu yang lalu ada seorang kawan yang menanyakan via email mengenai COS untuk Radio ICOM model IC-2200H. COS tersebut harus dapat mendeteksi Signal CTCSS / DCS.

Signal ini memiliki logika 1 = +5V dalam kondisi Standby dan logika 0 = 0V dalam kondisi menerima signal dengan Tone yang sesuai.

Berikut oret-oretan dimana posisi terminal / trace COS tersebut dapat di ambil.

Sch_AFMUTE_ic-2200h
Schematic AFMUTE ICOM IC-2200H

AFMUTE / COS berada pada pertemuan terminal IC2 (CD4094) Pin-4, R175 dan R112.

PCB_AFMUTE_TRACE_IC-2200H
Jalur PCB / Trace untuk COS

ICOM IC-2200H Inside_Top
Posisi IC2

Sengaja saya tidak sertakan Foto hasil pen-jumper-an karena belum punya solder yang sesuai. Ok, sementara itu dulu..semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan. Salam de yc5nbx/7

16 komentar:

agusjager mengatakan...

Ok bos, teruskan berbagi ilmu, pahala menanti anda....... salam dari Jogja,................

AndeLumut mengatakan...

idem.

Alhamdulillah OM, akhirnya 2200 sy yg rusak txnya sekarang ada gunanya.

Harisa FP mengatakan...

Salam kenal buat master YC5NBX
Totorial2 diatas sangat bermanfaat sekali.
Untuk Kenwood Tm-271 COS mendeteksi Signal CTCSS / DCS di bagian mana ? untuk rangkaian COR nya cocoknya pakai yg model apa ?
Terima Kasih sebelumnya.

Salam

Harisa FP
harisafp@yahoo.com
www.hitech-forums.com

YC5NBX mengatakan...

@ Andelumut

Alhamdulillah.. :)

YC5NBX mengatakan...

@ Harisa FP

Sudah di kirim ke email ya OM..
Semoga berhasil..
Salam de yc5nbx 73

Otonks mengatakan...

salam hormat yc5nbx...
saya pemula & saya pengen coba buat repeater icom 2300,mhn pencerahan tuk jalur cos & cor paling simple...hehe,maklum br belajar nyolder,tks.
" successs slaluuu..."

arip mengatakan...

tes

arip mengatakan...

kabel di rpu pnel di krikiti tikus di perbaiki di mana ya..

arip mengatakan...

kabel di rpu pnel di krikiti tikus di perbaiki di mana ya..

Maruf Djudan mengatakan...

Salam kenal juga buat master YC5NBX di tempat,

Saya pembaca blok om master setia nih, namun gak pernah posting krn saya masih ragu untuk komunikasi, saya perlu bantuan master untuk rencana bikin repeater, mohon kalo bisa dikirimkan gambar pcb dan daftar komponen untuk cor, kalo bisa sih yg langsung menggunakan vox cor, jadi saya tinggal colok2 aja ke HT.
mudahan ilmunya bisa ikut saya terapkan ke experimen saya.
email saya di: mdjudan@yahoo.com. trims ya master.......semoga sukses selalu dan dicintai rekan2.......salam

iklanmotor1 mengatakan...

PAK,,kalo tegangan COS nya erbalik,, di tambahi rangkaian apa,,,,,@ klo ada suara tidak ada tegangan 5 v & klo lagi hening ada tegangan 5v + ,,,@ mohon pencerahan nya ,,, saya minta skemanya mohon dikirim ke tokoradio1@yahoo.com trima kasih

Unknown mengatakan...

salam udara, bisa gak kirimkan rangkai repeaternya aja.!saya mau bikin untuk pribadi...!!!. Dari; Arjun. JZ 18 FKW

YC5NBX mengatakan...

@JUAL BELI MOTOR BLITAR
Cara untuk membalik Tegangan COS yang paling mudah adalah dengan Transistor NPN atau PNP, tergantung kebutuhan.
Jika ingin membalik Tegangan seperti yang Anda sebutkan, maka Transistor yang dipakai adalah jenis PNP misal 2N3906, 2N2907 atau sejenisnya..
Keluaran dari COS dipasang Resistor antara 1k ~ 4k7 lalu hubungkan ke pin Basis (Base) Transistor
Pin E (Emitter) dihubungkan ke sumber Tegangan (+5V)
Pin C (Collector)adalah Output Tegangan, pin Output ini sebaiknya di hubungkan juga dengan Resistor 1k ~ 4k7 ke Ground.

YC5NBX mengatakan...

@arjun jumliansyah
Maaf pertanyannya kurang detil...
Rangkaian Repeater yg Anda maksudkan apakah Schematic COR untuk ICOM IC-2200h ?

mursin mengatakan...

gan ane kmrn coba adjust power out di 2200H dan berhasil, tapi kenapa signal receive jadi muncul walau standby sampe ane lepas antena
masih tetep muncul 4 titik, mungkin ada yang bisa bantu cara normal in nya? thx
mursin8411@gmail.com

YC5NBX mengatakan...

@Muhammad Mursin
Coba cek di dokumen Service Manual.nya halaman 57, atau halaman yg mengandung kata kunci S-Meter.
Ini dokumen Serv-Manualnya.
http://www.radiomanual.info/schemi/IC2200H_serv.pdf

Posting Komentar